Pikiran Rakyat
USD Jual 14.635,00 Beli 14.335,00 | Umumnya berawan, 23.8 ° C

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak Sabet 10 Piala Citra

Muhammad Irfan
AKTRIS Marsha Timothy memegang Piala Citra berbicara saat menerima penghargaan kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik pada Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2018, di Gedung Teater Besar, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu, 9 Desember 2018. Marsha Timothy memperoleh penghargaan tersebut lewat film "Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak".*
AKTRIS Marsha Timothy memegang Piala Citra berbicara saat menerima penghargaan kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik pada Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2018, di Gedung Teater Besar, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu, 9 Desember 2018. Marsha Timothy memperoleh penghargaan tersebut lewat film "Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak".*

FILM “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak” menyabet Piala Citra dalam Malam penganugerahan Piala Citra 2018 yang digelar di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu, 9 Desember 2018. Film yang disutradai oleh Mouly Surya ini menyisihkan tiga film lainnya yang masuk nominasi yakni “Aruna dan Lidahnya”, “Sekala Niskala” dan “Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta”.

Selain menyabet Piala bergengsi tersebut untuk kategori Film Panjang Terbaik, film yang dibintangi oleh Marsha Timothy itu juga mendapat piala paling banyak di ajang ini. Dari 22 kategori yang diganjar piala, “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak” mendapat total sepuluh anugerah.

Anugerah itu diterima film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak” untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik yang dimenangkan oleh Dea Panendra, Frans XR Paat untuk Pengarah Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik oleh Kelvin Nugroho, Khikmawan Santosa dan Yusuf A Patawari yang menyabet kategori Penata Suara Terbaik, serta Zeke Khasel dan Yudhi Arfani untuk kategori Penata Musik Terbaik.

Selain itu, “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak” juga menyabet Penulis Skenario Asli Terbaik yang dimenangkan oleh Mouly Surya dan Rama Adi, Pengarah Sinematografi Terbaik yang dimenangkan oleh Yunus Pasolang, Pemeran Utama Wanita Terbaik oleh Marsha Timothy, dan Sutradara Terbaik yang dimenangkan oleh Mouly Surya.

Saat ini film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak” juga tengah berjuang untuk masuk short list di Piala Oscar tahun depan. Tetapi, Rama tak mau berekspektasi banyak karena dari 87 negara yang diikutsertakan ada 87 film yang masuk. Kendati demikian, apa yang mereka dapat dengan 10 piala di FFI 2018 menjadi penyemangat untuk lebih baik lagi.

Selain “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak” yang meraih Piala dalam banyak kategori, film “Wiro Sableng: Pendekar Naga Geni 212” juga menyabet dua kategori untuk Penata Busana Terbaik (Adrianto Sinaga dan Nadia Adharina), Penata Rias Terbaik (Jerry Oktavianus), serta Penata Efek Visual Terbaik (Keliek Wicaksono). Sementara kategori lain dimenangkan secara berturut-turut oleh: “Rising From Silence” (Film Dokumenter Pendek Terbaik), “Nyanyian Akar Rumput” (Film Dokumenter Panjang Terbaik), “Kado” (Film Pendek Terbaik), dan “Si Juki The Movie” (Film Animasi Terbaik).

Sementara itu kategori kelompok musik RAN mendapatkan Pencipta Lagu Tema Terbaik untuk film “Kulari Ke Pantai”, Nicolas Saputra di film “Aruna dan Lidahnya” untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik”, Ni Kadek Tali Titi Kasih untuk film “Sekala Niskala” sebagai Pemeran Anak Terbaik, Titien Wattimena sebagai Penulis Skenario Adaptasi Terbaik untuk film “Aruna dan Lidahnya”, Pemeran Utama Pria Terbaik oleh Gading Marten dalam film “Love For Sale”

Para pemenang Piala Citra tahun ini dipilih oleh para anggota FFI dan juri independen yang seluruhnya berjumlah 163 orang. Film-film yang diseleksi merupakan film yang tayang sejak September 2017 sampai September 2018. Selama November, para pemilih telah menonton film-film yang dinominasikan baik melalui pemutaran terbatas di bioskop maupun secara daring. Penilaian yang telah terkumpul direkapitulasi oleh akuntan publik independen Deloitte Consulting dan diawasi oleh komite pemilihan dan penilaian yang diketuai oleh Nia Dinata. Selain piala yang diganjar untuk pemenang di 22 kategori, FFI 2018 juga menganugerahkan lifetime achievement untuk aktris senior Widyawati yang aktif di dunia perfilman sejak 1967.***

Bagikan: