Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 25.2 ° C

Terinspirasi dari Instagram Story, Radhini Rilis Single Baru Berjudul Lelah

Windy Eka Pramudya

TERINSPIRASI dari curahan hati (curhat) penggemarnya, penyanyi Radhini merilis single baru. Nomor berjudul Lelah ini berawal dari iseng membuat polling di Instagram Story. Ketika itu, Radhini menanyakan kepada pengikutnya (followers), jika ia ingin membuat lagu berdasarkan cerita mereka, apakah mereka mau curhat ke Radhini? 

Ternyata setelah melempar polling tersebut, Radhini mendapat banyak respons yang positif. Banyak penggemarnya yang menceritakan kisah atau pengalaman hidup mereka kepada Radhini. Akhirnya Radhini merealisasikan niatnya tersebut. 

"Awalnya memang iseng saja. Banyak curhatan yang masuk ke Instagram aku, akhirnya terpikir membuat cerita mereka menjadi sebuah lagu. Aku lalu mengajak salah satu stasiun radio di Jakarta untuk terlibat mewujudkan ide ini dengan membuat campaign #CurhatinRadhini," tutur Radhini lewat pos-el, Senin, 26 November 2018.

Pelantun tembang Hampir Jadi itu menyebutkan, proses dari orang kirim cerita, menyusun lirik, dan membuat melodi dia lakukan dengan cara on air selama lima hari di stasiun radio. Terciptalah lagu Lelah yang dia pilih menjadi single terbarunya. 

Menurut Radhini, membuat karya yang dekat dengan kehidupan para pendengarnya memiliki arti tersendiri. Bagi Radhini, ini menjadi pengalaman pertama dia membuat lagu berdasarkan cerita orang lain. Sebelumnya dia selalu buat lagu berdasarkan pengalaman sendiri. 

"Rasanya menyenangkan sekali bisa dipercaya untuk mendengarkan cerita tentang hidup atau pengalaman mereka. Pastinya tidak mudah curhat dengan orang yang mereka tidak kenal. Tapi mereka kok mau cerita sama aku," ungkap perempuan kelahiran Jakarta, 19 April 1988 ini.

Penggemar adalah inspirasi



Saat mendengar cerita penggemarnya, kata Radhini, dia banyak menyimak cerita sedih, patah hati, dan tentang ketidakbahagiaan. Radhini mengaku terharu membaca kisah-kisah mereka. 

Radhini mengungkapkan, penggemar adalah inspirasi dan elemen terpenting dalam perjalanan kariernya. Memiliki penggemar yang selalu mendukung dirinya, membuat Radhini terus bersemangat membuat karya. Melibatkan penggemar di lagu Lelah, merupakan salah satu usaha Radhini untuk semakin dekat dengan para penggemarnya. 

"Aku berharap lagu ini bisa mewakili perasaan atau pengalaman banyak orang. Biasanya lagu yang kena di kuping dan hati para pendengaradalah lagu yang lirik dan maknanya relate dengan kisah hidup banyak orang," ujar Radhini yang telah merilis album berjudu Awal.

Lewat lagu Lelah juga, Radhini ingin menunjukan proses pembuatan lagu yang tak biasa. Dia ingin memotivasi mereka yang ingin terjun ke dunia musik secara profesional untuk tetap semangat dalam membuat karya-karya yang bagus. 

Dalam pembuatan lagu Lelah, Radhini dibantu produser musik sekaligus drummer Barasuara, Marco Steffiano. Bagi Marco, tidak sulit bekerjasama dengan Radhini karena sama-sama memiliki selera musik yang sama. 

"Senang sekali saat Radhini meminta saya untuk terlibat di single barunya. Sebenarnya saya mengenal Radhini sudah cukup lama dan merasa cocok bekerjasama dengan dia. Saya respect dengan kerja keras dia dari dulu sampai sekarang. Ke depannya ada beberapa lagu dia juga yang akan berkolaborasi sama saya," kata Marco.***

Bagikan: