Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 19.8 ° C

8 Kreasi Desain Arsitektur Menawan dengan Kotak Kontainer

Yusuf Wijanarko

DESAIN rumah kontainer atau shipping cointainer architecture adalah desain bangunan yang menggunakan kotak bekas kontainer atau kargo sebagai material utamanya. Desain ini juga dikenal dengan sebutan cargotecture yakni gabungan dari kata cargo dan architecture.

Penggunaan kontainer bekas sebagai material bangunan tumbuh dengan pesat beberapa tahun belakangan ini.

Tidak hanya untuk bangunan rumah, kontainer juga digunakan untuk kantor dan berbagai keperluan lain. Hal itu terjadi karena kontainer memiliki kekuatan, ketersediaan yang banyak, dan harganya cendering lebih murah.

Bangunan yang dibuat dengan menggunakan bekas kargo ini juga dianggap lebih ramah lingkungan ketimbang yang dibuat dengan material batu bata dan semen.

Tertarik untuk membuat bangunan dengan teknik cargotecture? Simak 8 contoh dari Arsitag.com di bawah ini.

Aa Residence



Aa Residence Karya Bitte Design Studio.*

Selain menerapkan desain dengan sentuhan industrial, rumah tinggal yang berada di kawasan Cimanggis ini juga menggunakan sebuah kontainer bekas untuk salah satu bagian rumahnya.

Kargo dipasang di area parkir sehingga memiliki dua fungsi sekaligus, sebagai atap dan sebagai salah satu ruangan tambahan.

Office-Container



Office Container Karya Roemah Cantik.*

Kantor dari kontainer termasuk salah satu desain yang sedang banyak dicari saat ini. Selain murah, Anda bisa berkreasi sedemikian rupa untuk menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif. Simak saja desain kantor karya Roemah Cantik di atas.

Galeri Puma City



Galeri Puma.*

Salah satu konsep gedung kontainer yang unik diterapkan pada salah satu Galeri Puma di Amerika Serikat.

Dengan warna merah dan desain modern, toko ritel seluas 11.000 kaki persegi ini dibuat dengan kontainer yang ditumpuk menjadi 3 tingkat. Sebuah konsep yang cocok untuk Anda yang menginginkan toko dengan desain keren.

Caroll House



Caroll House.*

Rumah tinggal di kota Brooklyn, Amerika Serikat ini juga dibangun dengan menggunakan tumpukan kontainer bekas.

Posisinya yang tampak seperti rumah miring ini menambah nilai artistiknya. Desainnya bahkan akan membuat siapapun yang melintas merasa takjub.

Irving Place Carriage House



Irving Place Carriage House.*

Dibangun di kawasan Brooklyn, New York, bangunan kontainer ini tidak didirikan langsung di atas fondasi melainkan di atas gedung yang sudah selesai di bawahnya.

Konsep semacam ini bisa Anda terapkan jika Anda memiliki keinginan menambah jumlah ruangan dalam rumah, namun dana dan lahan Anda terbatas.

Crafted Coffee Company



Crafted Coffee Company.*

Konsep desain bangunan kontainer ternyata tak hanya cocok untuk kantor dan rumah. Jika Anda ingin berkreasi dan mencoba sesuatu yang baru, kafe yang dibangun dengan kargo bekas ini pun bisa tampil memikat.

Ciri khas ini bukan tak mungkin akan meningkatkan brand awareness terhadap kafe Anda.

Untouched World



Untouchable World.*

Desain toko di Selandia Baru ini menjadi bukti bahwa tidak perlu desain yang rumit untuk bisa tampil menonjol.

Toko yang dibuat dengan bahan kargo bekas selain tidak memerlukan dana dan lahan yang luas, juga bisa mempermudah Anda men-display barang.

Mobile Home



Mobile Home.*

Tidak semua orang menyukai rumah yang berukuran besar. Ada yang lebih suka memiliki rumah sederhana yang berukuran kecil. Desain mobile home di atas bisa Anda tiru untuk rumah mungil berdesain menarik impian.***

Bagikan: