Pikiran Rakyat
USD Jual 14.644,00 Beli 14.546,00 | Cerah berawan, 29.5 ° C

Tips dan Trik Perawatan Taman agar Tetap Indah

Yusuf Wijanarko

MERAWAT  taman agar selalu terlihat indah dan segar bukanlah hal yang sulit dilakukan. Anda hanya perlu mendedikasikan waktu luang untuk melakukan perawatan taman secara berkala.

Untuk membantu Anda, simak beberapa tips dan trik dari Arsitag.com ini tentang cara mudah merawat taman agar selalu terlihat indah.

Penyiraman



Penyiraman tanaman dengan sprinkles.*

Penyiraman merupakan salah satu aspek penting dalam perawatan taman. Penyiraman perlu dilakukan dengan tepat dan teratur agar tanaman tidak mengalami kekeringan atau kelebihan air.

Kenali gejala tanaman yang kekurangan atau kelebihan air. Tes tingkat kebasahan tanah dengan menggunakan jari dan lakukan penyiraman sesuai dengan kebutuhan.

Waktu yang paling tepat untuk menyiram taman adalah di pagi atau sore hari sehingga proses peresapan air bisa berjalan lebih sempurna.

Pemangkasan



Pemangkasan untuk tampilan taman yang rapi dan cantik.*

Pemangkasan tanaman perlu dilakukan secara teratur agar tetap terlihat rapi dan menarik terutama untuk taman minimalis yang menonjolkan kesederhanaan.

Pemangkasan bisa dilakukan dengan memotong cabang, dahan, atau daun tanaman.

Beberapa tips berkaitan dengan pemangkasan sebagai bagian dari perawatan taman adalah:

A. Pergunakan alat seperti gunting dan sabit yang bersih dan tajam untuk mempermudah proses pemangkasan.

B. Pangkas batang dan daun yang bergerombol dengan tujuan agar cahaya matahari dan udara bisa bersirkulasi dengan bebas. Hal ini bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tanaman. Khusus untuk tanaman buah, pemangkasan seperti ini akan membantu menghasilkan panen yang berlimpah.

C. Jangan terlalu berlebihan karena dapat merusak tanaman Anda. Disarankan agar tidak memangkas lebih dari 1/3 bagian pohon untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jangan lupa membersihkan area taman dari tanaman kering dan daun-daun kering yang mungkin masih menempel pada pohon. Kumpulkan daun-daun kering tersebut dan manfaatkan sebagai bahan pembuatan kompos.

Jaga kualitas media tanam



Perawatan taman dengan mencabut rumput liar.*

C. Gemburkan tanah dan media tanam secara teratur

Gemburkan tanah secara teratur untuk memudahkan akar tanaman dalam mendapatkan oksigen dan menyerap air. Struktur tanah serta media tanam yang baik untuk tumbuhan haruslah gembur, mudah hancur, dan mudah digali.

Untuk tanaman dalam pot, perlu dilakukan penggantian media tanam secara berkala. Selain itu, pindahkan tanaman ke dalam pot yang lebih besar dan sesuai dengan ukuran tanaman tersebut.

Pengendalian hama



Upaya pengendalian hama sebagai bagian perawatan taman.*

Lakukan pengendalian hama mulai dari upaya pencegahanya, yaitu menjaga kebersihan taman dan area sekitar, serta menjaga tingkat kelembapan.

Bila hama sudah menyerang, basmi habis dengan cara sederhana yaitu dengan mengambil dan membuang hama seperti belalang, siput, dan lainnya, atau gunakan bantuan obat-obatan pembasmi hama.

Anda bisa menggunakan obat hama biologis yang aman, ramah lingkungan, dan mudah untuk dibuat, atau dengan menggunakan pestisida. ***

Bagikan: