Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Berawan, 22.7 ° C

Fitur Baru Instagram Memungkinkan Pengguna Menghapus Followers

APLIKASI berbagi gambar Instagram, sejak pertama kali diluncurkan, mengalami banyak sekali perubahan. Sebut saja insta-story, siaran langsung, stiker dengan berbagai jenis; mode GIF, jajak pendapat, sampai stiker pertanyaan. Baru-baru ini ada fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya menghapus followers dengan cara yang lebih spesifik.

Ini barangkali dapat menjadi alternatif lain ketika anda tidak ingin seseorang melihat postingan Anda. Tanpa harus memblokir pengguna yang bersangkutan maupun dengan mengunci akun Instagram anda.

Seperti yang dilansir dari theverge.com, pihak Instagram mengonfirmasi bahwa fitur ini masih dalam masa percobaan. Walau begitu anda sebagai pengguna Instagram kini sudah dapat mencoba fitur.

Cara menghapus followers, pertama, mengunjungi daftar pengikut dan menekan bagian tiga titik vertikal. Tepat di samping nama akun atau di sebelah kanan ikon “ikuti”. Lalu tap tulisan hapus. Maka hasilnya akan terlihat seperti yang di bawah ini:

Di gambar terlihat bahwa fitur ini memungkinkan anda untuk menghapus pengikut anda tanpa sepengetahuan akun yang bersangkutan. Jelas ini merupakan langkah yang lebih praktis ketimbang memutuskan untuk mengunci akun Anda dari publik. Misalnya karena ingin mencegah beberapa akun lain untuk dapat mengunjungi profil atau berinteraksi dengan setiap postingan anda.

Soal keamanan, pengguna diberi kendali penuh



Melalui fitur hapus pengikut ini, Instagram lagi-lagi memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan memberikan akses kendali penuh bagi setiap penggunanya terhadap publik. Pada beberapa waktu sebelumnya Instagram sendiri sudah memberikan beberapa fitur “serupa” dengan menghapus followers.

Yakni dimulai dari kemampuan pengguna yang dapat mencegah beberapa akun tertentu untuk dapat mengakses postingan kita dengan menyeleksinya terlebih dahulu. Ada lagi fitur “mute” yang memungkinkan kita tetap mengikuti sebuah akun tanpa melihat postingan akun yang bersangkutan.

Instagram juga membolehkan pengguna memfilter komentar hanya untuk akun yang diikuti balik. Kita juga dapat menyaring kata-kata tertentu untuk tidak bisa dipos di kolom komentar.

Patut kita tunggu apakah Instagram akan mematenkan fitur ini. Pada akhirnya yang terpenting ialah pertanyaan soal dampak sosial yang mungkin ditimbulkan dari fitur Instagram terbaru yang satu ini.(Fajar Gazalba)***

Bagikan: