Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Berawan, 26 ° C

Yahoo Messenger Resmi Ditutup, Ini Cara Menyimpan Riwayat Obrolan

TEPAT Selasa 17 Juli 2018 kemarin, salah satu aplikasi terkenal sebagai pengirim pesan instan, Yahoo Messenger resmi dihentikan. Itu artinya, setelah waktu yang ditentukan mulai Rabu, 18 Juli 2018 pengguna tidak dapat mengakses kembali atau melakukan obrolan seperti biasanya.

Perlu diketahui, pemberhentian ini bersifat selamanya. Seperti yang dilaporkan pada laman resmi Yahoo, untuk sementara belum ada produk secara resmi pengganti dari Yahoo Messenger. Namun, pihaknya akan terus berusaha menciptakan kembali sarana komunikasi yang lebih menarik untuk memudahkan para penggunanya.

Seperti saat ini yang tengah diuji yaitu aplikasi Yahoo Squirrel. Layanan ini merupakan pesan grup yang hanya dapat diikuti  berdasarkan undangan, jenis aplikasi ini bersifat ekslusif dan rahasia, pengguna tidak dapat dengan mudah untuk masuk ke grup tanpa undangan tersebut.

Selain itu, beberapa fitur menarik juga tersedia dalam aplikasi ini. Salah satunya pengguna dapat membuat pesan obrolan secara terpisah, baik untuk publik maupun pribadi.

Yahoo Squireel sendiri sudah tersedia di App Store maupun Play Store. Namun, penggunaannya masih terbatas, untuk saat ini layanan tersebut baru dapat digunakan dalam beberapa negara. Seperti penyediaan dalam bahasa Indonesia, pada aplikasi ini belum tersedia.

Cara menyimpan riwayat obrolan



Meskipun begitu, buat Anda yang memiliki ID Yahoo jangan khawatir bila akun tersebut akan terhapus. Pasalnya, pemberhentian ini hanya berlaku untuk produk Yahoo Messenger. Sedangkan, produk lainnya berupa Yahoo Mail, Yahoo Fantasy masih dapat berfungsi seperti biasanya.

Maka itu, melalui informasi pemberhentian ini pula pihak Yahoo menyarankan untuk menghapus aplikasi Yahoo Messenger. Karena, setelah 17 Juli 2018 produk tersebut tidak dapat Anda gunakan, baik untuk memulai obrolan atau bahkan masuk ke layanannya.

Namun sebelum menghapus, hingga akhir November 2018, Yahoo akan memberikan kesempatan buat Anda yang ingin menyimpan riwayat obrolan dari aplikasi Yahoo Messenger, sehingga dokumen dan obrolan penting lainnya dapat tersimpan dengan aman. Untuk menyimpan, berikut ini beberapa caranya.

1. Kunjungi situs resmi permintaan mengunduh pesan di Yahoo Messenger

2. Masuk menggunakan ID pengguna di Yahoo Messenger

3. Pilih metode verifikasi pada menu, kemudian masukkan kunci akun yang telah dikirimkan.

4. Klik Unduh untuk menyimpan pesan

5. Masukkan alamat email sebagai tempat penyimpanan riwayat obrolan, kemudian klik Ok

6. Tunggu beberapa saat, lalu pastikan arsip pesan yang masuk pada email sudah benar

Awal rilis Yahoo Messenger



Yahoo Messenger atau yang lebih dikenal dengan YM, merupakan aplikasi obrolan pertama sebelum munculnya aplikasi sejenis, seperti Blackberry Messenger, sampai aplikasi terkenal saat ini yaitu Whatsapp. Mulai rilis sejak 1998 dengan sebutan Yahoo Pager, aplikasi YM sudah terhitung berjaya selama 20 tahun lamanya.

Sejak pertama kali muncul, Yahoo Messenger juga terus menunjukkan perkembangannya agar dapat lebih unggul dari aplikasi pesan instan lainnya. Cara ini dilakukan, dengan menambahkan berbagai fitur menarik, seperti pemberian suasana di halaman percakapan atau latar belakang yang bertema sesuai karakter pengguna, hingga fitur jenis karakter animasi yang dapat bicara untuk membantu menghidupkan percakapan pada teman obrolan.

Namun, seiring waktu hingga di tahun 2018. Kejayaan Yahoo Messenger pada akhirnya terhenti, oleh karena semakin pesatnya peta komunikasi yang terus berubah, dimana kebutuhan orang-orang juga semakin bertambah. Dengan hal tersebut, tidak dapat dimungkiri aplikasi pesan instan lainnya seperti Whatsapp, ataupun Line, jauh lebih dibutuhkan oleh semua orang pada era sekarang. (Lisna)***

Bagikan: