Pikiran Rakyat
USD Jual 14.558,00 Beli 14.460,00 | Umumnya berawan, 20.8 ° C

Lima Makanan yang Dapat Menenangkan Ketika Marah

SEMUA orang tentu saja pernah marah. Amarah sendiri merupakan bentuk emosi yang wajar saja terjadi pada seseorang, seperti halnya tertawa dan menangis. Namun, pada saat emosi seseorang sedang memuncak sering kali mereka kehilangan kendali dan tentunya dapat memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh dan jiwa.

Memiliki sifat pemarah dan mudah emosi terkadang membuat orang disekitar kita merasa tidak nyaman dan tidak terbiasa.  Tingkat emosi seseorang tentu saja berbeda-beda, tergantung bagaimana setiap individu mengendalikannya.

Memang banyak faktor yang menyebabkan emosi seseorang meluap.  Marah bisa disebabkan karena adanya impuls, baik itu eksternal maupun internal. Eksternal seperti dari lingkungan yang tidak kondusif dan keras serta makanan yang berprotein tinggi. Sedangkan  Internal bisa dari faktor hormonal dan kadar oksigen yang rendah. Impuls ini akan meningkatkan agresivitas seseorang.

Beberapa makanan di bawah ini bisa membantu Anda untuk mengatasi sifat pemarah.

1. Brokoli



Salah satu sayuran yang memiliki manfaat baik untuk tubuh ini, ternyata bisa meredakan amarah seseorang. Hal itu dikarenakan brokoli sangat kaya akan zat besi. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuan dari Universitas Massachusetts, brokoli sangat ampuh dalam mengatasi sifat pemarah.

Zat besi pada brokoli dipercaya bisa mengikatkan jumlah serotonin dalam tubuh. Serotonin sendiri merupakan hormon pemicu rasa tenang, nyaman, rileks, serta bahagia pada seseorang. Selain itu, antioksidan yang tinggi dan juga asam folat dan vitamin B pada brokoli bisa membantu menghilangkan stres, mengurangi rasa cemas, hingga depresi.

2. Almond



Kacang almond mengandung banyak nutrisi, antara lain serat pangan, lemak tak jenuh, serta beberapa jenis vitamin B, dan vitamin E yang dapat membantu mengatur suasana hati dan mengurangi stres.

Kacang almond juga memiliki kandungan mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, zat besi dan zin yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Kalsium yang terdapat dalam almond akan membantu mengatur tekanan darah, yang menjadi salah satu penyebab megapa seseorang gampang marah. Almond juga sangat rendah sodium, sehingga baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

3. Cokelat



Makanan manis yang satu ini memang memiliki banyak peminatnya, terutama dikalangan para wanita. Cokelat menjadi pilihan ketika seseorang sedang mengalamibad mooddan juga dipercaya bisa menghilangkan stres. Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego School of Medicine, Beatrice Golomb, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga depresi, mengaku makan cokelat saat suasana hati mereka drop.

Dengan mengonsumsi cokelat bisa meningkatkan otak untuk melepaskan endorfin dan meningkatkan kadar serotonin Sehingga menimbulkan perasaan bahagia sesudah memakannya. Cokelat juga bisa membantu mengembangkan lebih sedikit hormon stres dan menurunkan tingkat kecemasan.

4. Ikan



Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan perasaan stres dan juga depresi yang cukup tinggi pada seseorang. Agar Anda terhindar dari kekurangan vitamin B12, rutin mengonsumsi ikan adlaah solusinya.

Ikan adalah sumber vitamin B12 dan B6 yang cukup tinggi, selain itu ikan juga banyak mengandung asam lemak omega-3 yannjg dapat membantu kinerja otak Anda dengan baik.

5. Pisang



Kandungan vitamin A, B, C, dan B6 pada pisang bisa membantu sistem saraf. Selain itu, pisang juga mengandung dopamin yang dapat membuat mood seseorang meningkat. Disamping itu, pisang juga ternyata memiliki magnesium yang dikaitkan dengan memberikan mood positif.

pisang bisa mengurangi tingkat depresi, jika seseorang yang memiliki esmosional tidak stabil yang disebabkan karena depresi buah yang satu bisa sangat membantu. Hal ini disebabkan karena pisang mengandung protein trypotophan, sejenis protein yang dapat diubah oleh tubuh menjadi enzim serotonin yang mampu membuat seseorang menjadi lebih santai, tenang dan lebih bahagia. (Lisdawati)***

Bagikan: