Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya berawan, 24.9 ° C

Selain Wortel, Berikut 5 Makanan yang Berguna untuk Kesehatan Mata

MATA merupakan panca indera yang tak kalah penting gunanya dengan indera yang lain. Tanpa mata, semua orang akan sulit untuk beraktivitas sehari-hari. Namun, sibuknya aktivitas di setiap hari, kerap membuat seseorang lupa akan kesehatan matanya.

Secara umum, kebanyakan peristiwa kerusakan mata akan dialami pada masa tua. Namun, tak jarang di umur remaja bahkan anak-anak pun masalah pada mata sudah mulai dialami. Jika telah mengalami masalah seperti ini, seseorang baru mulai memikirkan kesehatan matanya.

Padahal pencegahan kesehatan mata akan lebih baik dilakukan sejak dini. Itu penting agar dapat membantu menurunkan risiko di masa tua nanti. Maka dari itu, seperti yang dilaporkan Health.com, lima makanan berikut bisa membantu Anda dalam upaya menjaga kesehatan mata. Tentunya selain wortel yang memang sudah masyhur karena mengandung Beta-karoten, sejenis vitamin A yang baik untuk mata. Berikut lima makanan tersebut: 

Sayuran Hijau



Kandungan lutein dan zeaxanthin yang juga mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin A, B12, dan C, dipercaya dapat melindungi mata dengan membentuk pigmen dalam makula yang menyaring berbahaya gelombang cahaya biru, yang dapat merusak mata.

Penelitian menunjukkan vitamin A juga dapat menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula di kemudian hari. Hal ini juga dapat memperlambat kehilangan penglihatan pada orang dengan kondisi mata yang disebut retinitis pigmentosa.

Telur



Menurut Paul Dougherty, MD, Direktur Medis Dougherty Laser Vision di Los Angeles, kandungan kuning telur sebagai sumber utama lutein dan zeaxanthin serta plus seng, dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.

Bila pencegahan terlembat, degenerasi makula dapat menyebabkan terganggunya fungsi penglihatan mata. Retina mata Anda tersusun atas beberapa lapisan sel yang sensitif terhadap cahaya.Pada bagian tengah retina mata, terdapat daerah yang disebut makula yang terdiri atas banyak sel. Meskipun ukurannya kecil, sel-sel makula bertanggung jawab dan berperan penting agar mata kita dapat melihat dengan jelas, fokus, dan tajam.

Jeruk dan Beri



Jeruk dan beri merupakan buah-buahan pembangkit vitamin C, yang dipercaya baik untuk kesehatan mata. Vitamin C atau yang disebut juga asam askorbat, yaitu vitamin yang larut dalam air dan antioksidan kuat. Studi menunjukkan suplemen vitamin C dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula di kemudian hari.

Berdasarkan para ahli di Oregon Health and Science University mengklaim bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan fungsi sel-sel retina mata dan fungsi otak. Karena sesungguhnya, sel-sel retina baik yang ada di dalam dan luar perlu mendapatkan asupan vitamin yang cukup supaya dapat berfungsi dengan baik.

Kacang Almond



Kandungan vitamin E yang dimiliki kacang almond, para ahli menunjukkan Segenggam (satu ons) kacang almond menyediakan sekitar setengah dari total dosis harian vitamin E. Vitamin E dapat membantu menjaga penglihatan yang baik sepanjang hidup Anda dengan mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula. Vitamin E juga termasuk antioksidan yang kuat yang dapat membantu tubuh dan memproduksi sel darah merah. Studi menunjukkan, hal ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang mencegah beberapa jenis kanker.

Ikan



Menurut Jimmy Lee, MD, Direktur Bedah Refraktif di Montefiore Medical Center, di Kota New York. Ikan yang memiliki minyak lemak DHA, bisa Anda temukan seperti pada ikan tuna, salmon, mackerel, dan ikan teri.

Selain itu, minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang dapat menekan risiko gangguan penglihatan degeneratif yang disebut Age-related Macular Degeneration (AMD) hingga 30 persen, jika dikonsumsi sekurangnya 2 kali dalam seminggu. Selain itu, asam lemak omega-3 juga merupakan komponen yang sangat penting untuk kesehatan retina karena memperbaharui sel-sel pada retina secara alami. (Lisna Ali)***

Bagikan: