Pikiran Rakyat
USD Jual 14.603,00 Beli 14.505,00 | Umumnya berawan, 27.7 ° C

Bottlesmoker Tampil di Mongolia

Windy Eka Pramudya

KIPRAH duo pop elektronik asal Bandung, Bottlesmoker di festival musik luar negeri terus berlanjut. Setelah tampil di Laneway Festival Singapura, Zandari Festa Korea Selatan, dan Transmusicales Prancis, kali ini Angkuy dan Nobie hadir di Playtime Festival Mongolia.

Di Mongolia, Playtime Festival merupakan festival musik terbesar yang pertama kali diselenggarakan pada 2002. Saat ini festival tahunan itu menjadi salah satu festival musik terbesar dengan para penampil dari skala lokal hingga internasional.

Festival ini mencatat pengunjung hingga 100 ribu penonton setiap tahunnya. Sejak 2013, Playtime Festival menghadirkan para musisi dunia seperti The Radio Dept, Peter Hook & The Light, The Pains of Being Pure at Heart, Mono, dan tahun ini Ariel Pink.

Pada 2018, Playtime Festival berlangsung selama tiga hari, yaitu 6-8 Juli 2018 di kawasan Gachuurt, sekitar 20 kilometer dari Ulaanbaatar, Mongolia. Kawasan penggunungan dan danau di Gachuurt yang menjadi tempat Playtime Festival ini dikunjungi tidak hanya penonton dari Mongolia. Akan tetapi juga dari Tiongkok, Korea Selatan, dan Rusia.

Tahun ini, Indonesia diwakili Bottlesmoker dan Lightcraft yang akan tampil masing-masing di panggung utama Playtime Festival pada Sabtu, 7 Juli 2018. Selain di panggung utama, Bottlesmoker dijadwalkan akan bermain bersama Mandala Yoga, sebuah kelompok yoga dari Mongolia untuk mengisi sesi ecstatic dance. 

Bottlesmoker akan mengiringi musik sesi tersebut yang berlangsung 6-8 Juli 2018 di area Waldo Tent Playtime Festival. Bagi Bottlesmoker, tampil di Mongolia merupakan pengalaman yang sangat penting karena bisa mengenalkan musik mereka lebih jauh. 

"Kami bersyukur bisa melangkah lebih jauh dan lebih tidak tertebak lagi untuk mengenalkan musik ini. Album Parakosmos memberi banyak tempat baru bagi kami. Ini memberi banyak motivasi untuk tetap meyakini keunggulan local wisdom," kata Angkuy lewat pos-el, Sabtu 7 Juli 2018.

Bottlesmoker menjadi menjadi musisi Indonesia pertama yang tampil di festival ini. Bagi Bottlesmoker, ini menjadi suatu prestasi baru. Pasalnya, Bottlesmoker bisa membuka jaringan baru untuk memperkenalkan musik mereka lebih luas. Selain itu kesempatan ini bisa menjadi pintu bagi musisi Indonesia lainnya untuk tampil di Playtime Festival.

"Bottlesmoker dan Lightcraft beruntung bisa jadi band pertama Indonesia yang bermain di Playtime Festival Mongolia. Tentu saja ini harus jadi pintu yang terbuka lebar untuk teman-teman di Indonesia lainnya supaya bisa bermain di sana," ujar Nobie.***

Bagikan: