Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Cerah berawan, 21 ° C

5 Tips Sederhana untuk Para Pengidap Insomnia

MENJALANI aktivitas penuh di siang hari membuat tubuh lelah dan memerlukan waktu untuk beristirahat. Tidur merupakan kebutuhan vital manusia agar untuk tubuh akan lebih membaik. Itu sebabnya Susah tidur atau insomnia dapat menjadi masalah serius untuk kesehatan manusia.

Menurut penelitian, tidur yang cukup dalam sehari memerlukan waktu 6 sampai 7 jam. Mereka yang tidur cukup itu dipercaya lebih "panjang umur" daripada orang yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam.

Namun, hal tersebut berbanding terbalik bagi sejumlah orang di Indonesia. Gangguan sulit tidur pada malam hari atau biasa disebut insomnia kerap terjadi. 

Data Knowledge Graph menyebut bahwa di Indonesia terdapat lebih dari 2 juta kasus penderita insomnia per tahunnya. Secara umum, kasus insomnia ditandai dengan beberapa gejala seperti sulit tidur, kecemasan, bangun terlalu pagi, tidak segar bangun di pagi hari, hingga kantuk yang berlebihan pada siang hari.

Jika Anda termasuk orang yang mengalami gejala insomnia, kebanyakan dokter akan menyarankan untuk menjalani pola hidup sehat. Namun, selain itu, Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut agar tidur lebih nyenyak:

1. Konsumsi makanan sehat



Mengonsumsi makanan sehat sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan sehat yang dimaksud adalah yang tanpa proses pengolahan berlebihan, tanpa bahan pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Sebut saja buah-buahan maupun sayur-sayuran.

Bagi penderita insomnia, disarankan untuk mulai mengonsumsi makanan sehat yang mengandung karbohidrat, vitamin, dan kaya protein untuk membantu proses tidur lebih berkualitas.

2. Membuat kamar lebih nyaman



Keadaan kamar yang kotor bisa saja menjadi penyebab susah tidur. Sebaliknya, kamar yang bersih akan membuat penghuninya merasa lebih nyaman bahkan membantu Anda lebih rileks untuk beristirahat.

Oleh karena itu, sebelum tidur pastikan kamar tertata rapi. Hindari penggunaan warna mencolok seperti warna seprai, gorden, dan lampu yang mencolok.

Untuk mempercepat proses tidur, Anda bisa menggunakan penutup mata atau menyalakan penyejuk ruangan, ditambah pengharum favorit.

3. Jauhkan handphone dari tempat tidur



Memainkan handphone sebelum tidur telah menjadi kebiasaan sejumlah orang. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa mata terlalu lama menatap layar dengan terpapar cahaya biru membuat retina mata menjadi tegang, bahkan dapat menyebabkan katarak.

Seperti diketahui, layar pada cahaya handphone lebih kuat dri pada cahaya lampu. 

Keadaan sulit tidur setelah bermain handphone disebabkan oleh cahaya yang menghambat hormon melantonin. Hormon itu bertugas untuk membuat Anda tidur lelap.

Untuk itu, saatnya menjauhkan handphone dari tempat tidur. Usahakan handphone Anda telah mati dua jam sebelum tidur.

4. Hindari makan sebelum tidur



Mengkonsumsi makanan 3-4 jam sebelum tidur juga akan berdampak buruk bagi kesehatan dan pikiran. Jika perut terlalu kenyang, kamu Anda akan sulit berkonsentrasi untuk tidur. 

Hal itu terjadi karena biasanya akan terasa sesak di dada pada saat berbaring. Agar cepat tidur, sebaiknya segera jauhkan kebiasaan tersebut.

5. Buat kebiasaan sebelum tidur



Cobalah lakukan sesuatu yang akan mengantuk. Salah satunya adalah mendengar musik, melakukan olah raga ringan, atau membaca buku.

Kebiasaan sebelum tidur seperti ini dapat memberikan manfaat pada pikiran agar lebih tenang, mampu mengurangi stres, dan membangun kepercayaan diri pada saat bangun pagi hari. Selamat tidur... (Lisna)***

Bagikan: