Pikiran Rakyat
USD Jual 14.048,00 Beli 14.146,00 | Langit umumnya cerah, 22.1 ° C

Kolaborasi Efek Rumah Kaca dan Najwa Shihab Lahirkan Seperti Rahim Ibu

Windy Eka Pramudya

DENGAN menggandeng Najwa Shihab, Efek Rumah Kaca merilis single baru. Lagu berjudul Seperti Rahim Ibu ini ditulis khusus untuk program Mata Najwa dan berdiri sendiri sebagai single. Ini adalah kali kedua Efek Rumah Kaca merilis lagu yang berdiri sendiri setelah sebelumnya merilis single Merdeka, Agustus 2016. Trio Efek Rumah Kaca dihuni Cholil Mahmud (vokal, gitar), Akbar Sudibyo (drum), dan Poppie Airil (bas). 

Lewat pos-el, Selasa 29 Mei 2018, vokalis Cholil mengatakan, nomor Seperti Rahim ibu menggambarkan rahim yang bisa menghadirkan gagasan-gagasan baru sehingga melahirkan kontribusi untuk bangsa ini. Pada prosesnya, lirik Seperti Rahim Ibu ditulis Najwa, sedangkan musiknya digarap awak Efek Rumah Kaca. 

"Sewaktu mendapat liriknya, kemudian kami coba nyanyikan, rasanya cocok. Cuma memang ada sedikit pilihan-pilihan kata yang mesti disesuaikan," tutur Cholil yang membuat lagu ini di New York, domisilinya saat ini. 

Cholil menyebutkan, pertama kali dia mengirim materi kasarnya hanya petikan gitar saja. Pasalnya, di New York, Cholil tidak punya alat rekam untuk membuat demo yang lebih menunjang. Menurut Cholil, respons Najwa saat itu, dia merasa versi petikan gitar lebih mengena. 

Materi demo lalu dibawa ke para personel Efek Rumah Kaca untuk dimatangkan aransemennya. Setelah melalui proses workshop antar benua, Efek Rumah Kaca berhasil menyelesaikan aransemen lagu. Para personel yang ada di Jakarta kemudian merekamnya di studio pada Januari 2018. Bulan depannya, bagian vokal dan gitar diselesaikan Cholil di studio rekaman saat ia sedang berada di Indonesia. 

Selain berkolaborasi dengan Najwa Shibab, pada lagu Seperti Rahim Ibu, Efek Rumah Kaca juga berkolaborasi dengan seniman Yogyakarta, Dian Suci Rahmawati. Dian menerjemahkan melodi dan lirik lagu ke dalam bentuk ilustrasi untuk sampul single dan juga merchandise Seperti Rahim Ibu. 

"Bagi kami, proses mengerjakan lagu Seperti Rahim Ibu menjadi proyek percontohan pembuatan lagu jarak jauh. Kemungkinan metode ini dapat diterapkan pada proses workshop untuk album keempat Efek Rumah Kaca yang baru sampai di tahap awal," ungkap Cholil. 

Menyuarakan kepedulian



Lagu Seperti Rahim Ibu pertama kali dibawakan Efek Rumah Kaca pada Mata Najwa episode Novel Baswedan, Februari 2018. Najwa mengatakan, sejak awal dia punya cita-cita ingin memiliki original song yang cocok untuk menguatkan pesan. Ketika Mata Najwa muncul kembali setelah jeda, dia langsung ingin menggunakan lagu Efek Rumah Kaca. 

"Program Mata Najwa betul-betul merasa pesan yang disampaikan lewat lagu-lagu Efek Rumah Kaca memiliki resonansi yang sama dengan apa yang selama ini disuarakan Mata Najwa seperti kepedulian pada isu-isu korupsi, toleransi, soal cinta negeri, dan hak asasi manusia. Jadinya klop dan bangga Mata Najwa bisa mendapat lagu dari Efek Rumah Kaca," kata Najwa.

Menurut Najwa, lagu Seperti Rahim Ibu berbicara mengenai kemanusiaan yang selalu menjadi pesan utama pada program Mata Najwa. Pesan yang ingin disampaikan dalam lagu ini adalah soal harapan dan bagaimana optimisme itu disemai. 

"Berada di rahim itu dimulai dari sel-sel yang kemudian menyatu. Yang tadinya rapuh menjadi kuat," ujar Najwa.

Single Seperti Rahim Ibu telah tersedia di berbagai platform musik digital. Berikut ini video liriknya.

Bagikan: