Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sedikit awan, 23.3 ° C

Gigi Tetap Tampil Energik Meski Puasa

Windy Eka Pramudya
GRUP band Gigi memeriahkan acara Bjb Berbagi Ramadan Memberi di Jalan Naripan, Kota Bandung, Rabu 23 Mei 2018. Acara tersebut dihadiri ribuan anak yatim, yang terhibur oleh penampilan Arman dan kawan-kawan.*
GRUP band Gigi memeriahkan acara Bjb Berbagi Ramadan Memberi di Jalan Naripan, Kota Bandung, Rabu 23 Mei 2018. Acara tersebut dihadiri ribuan anak yatim, yang terhibur oleh penampilan Arman dan kawan-kawan.*

"ASSALAMMUALAIKUM," kata vokalis Gigi, Armand Maulana menyapa. Sadar belum dijawab, Armand kembali mengucapkan salam. Kali ini dijawab antusias ribuan anak-anak dari panti asuhan yang memenuhi halaman Kantor bjb di Jalan Naripan Kota Bandung.

Pada Rabu, 23 Mei 2018 petang itu, Gigi tampil mengisi kegiatan bjb Berbagi Ramadhan Memberi.

Selain Armand, formasi Gigi juga diisi Gusti Hendy (drum), Thomas Ramdan (bas), dan Dewa Budjana (gitar). Namun, kali itu Budjana absen hadir karena ada keperluan yang tak bisa ditinggalkan. Alhasil, posisi Budjana diisi Tohpati.

Sebagai pembuka, nomor mengentak, lagu Perdamaian langsung dilantunkan Gigi. Kendati puasa, Armand tetap lincah di atas panggung.

"Keula, keula, jauh-jauh dari Jakarta tapi kami main musik kayak di kamar sendiri. Tong jarempe atuh, bisi bisulan," kata Armand yang disambut tawa penonton. 

Armand menyebutkan, penampilan mereka sore itu menjadi yang pertama di Ramadan ini. Ke depan, setelah Bandung mereka juga akan menyambangi Bekasi, Serang, dan Surabaya sebagai rangkaian tur bersama bjb. Namun, tujuan Surabaya masih tentatif mengingat situasi di kota tersebut yang belum kondusif sejak teror bom pekan lalu.

Kejutan Gigi



Pada bjb Berbagi Ramadhan Memberi, Gigi tampil selama hampir 60 menit. Mereka menyuguhkan sejumlah nomor religi Islami yang pernah dirilis pada Ramadan tahun-tahun lalu. Setelah berkiprah selama 24 tahun, Gigi telah merilis tujuh album religi yaitu Raihlah Kemenangan, Jalan Kebenaran, Pintu Surga, Amnesia, Gerbang Rahmatmu, Mohon Ampun, dan Kembali Pada-Nya. 

Repertoar sore itu dilanjutkan dengan Keagungan Tuhan, dan Akhirnya. Kendati mengaku haus karena bernyanyi sambil puasa tapi Armand tak mengurangi aksi panggungnya. Dia tetap komunikatif dan interaktif dengan hadirin.

Kejutan tercipta saat Sabda Alam disajikan. Aslinya lagu ini merupakan hit milik Chrisye yang dikemas dalam aransemen pop balada. Di tangan Gigi, Sabda Alam menjadi lebih ngerock dan bertempo cepat. 

Armand sukses membuat penonton kor massal saat nomor Sifat 20 disajikan. Para penonton yang kebanyakan anak-anak memang senang menghafal 20 sifat Allah dengan menyanyikannya.

"Hubungan manusia tak selalu dengan Allah, tapi juga sesama manusia. Lagu ini tentang hubungan manusia yang harus selalu saling menyayangi," kata Armand.

Islam berjaya



Suasana romantis tercipta ketika Gigi melantukan 11 Januari. Di lagu ini, penonton dewasalah yang antuasias merespons suara Armand. 

"Satu saja ya, kan lagi Ramadan, jadi lagu religi dulu. Kalau mau lagu biasa, undang Gigi lagi setelah Lebaran ya," ujar Armand sambil tertawa.

Mendekati babak akhir performanya, Gigi kembali menghadirkan dua lagu bertempo cepat. Penonton diajak bersenang-senang dengan Kota Santri dan Pintu Surga. Sebelum pamit, Armand berpesan, anak-anak yang hadir sore itu harus menjadi santri yang baik agar Islam berjaya dan namanya kembali baik. 

"Wasalammualaikum, sampai ketemu lagi," ujar Armand berpamitan.***

Bagikan: