Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 27.2 ° C

D' Masiv Gandeng Rossa dan David Noah di Pernah Memiliki

Windy Eka Pramudya

PERJALANAN karier 15 tahun di industri musik Indonesia, membuat D'Masiv selalu ingin menampilkan sesuatu yang baru. Salah satunya melahirkan karya kolaborasi dengan musisi lain. Seperti yang disuguhkan lewat single Pernah Memiliki yang dirilis pada April 2018. 

Pada nomor pop mellow ini, D'Masiv yang masih solid diawaki Rian (vokal), Dwiki dan Nurul (gitar), Rayyi (bas), dan Wahyu (drum) menggandeng Rossa dan David Noah. Bagi D' Masiv, lagu Pernah Memiliki menjadi single pertama untuk album keenam mereka.

Vokalis Rian mengungkapkan, ide untuk kolaborasi tercetus saat dia menulis lirik Pernah Memiliki. Saat merangkai kata, Rian sudah terbayang untuk nyanyi bersama perempuan. Lagi pula selama ini D' Masiv juga belum pernah duet rekaman dengan penyanyi perempuan. Alhasil, Rian dan awak D' Masiv lainnya berembuk kemudian sepakat memilih Rossa untuk berkolaborasi.

"Menurut kami, Rossa selalu bisa kasih nyawa di lagu mellow. Selain itu, setelah 21 berkarya di industri musik, Rossa masih eksis dan punya hit," tutur Rian di Jalan Ir H Juanda Kota Bandung, Senin 30 April 2018.

Rian menyebutkan, dia pernah bekerja sama dengan Rossa saat memberi lagu Jangan Hilangkan Dia pada 2015. Lagu sukses menjadi soundtrack film I Love You from 38.000 Ft. Setelah itu, hubungan sebagai rekan musisi bertambah baik. 

Namun, saat hendak mengajak duet, D' Masiv sempat tidak percaya diri. Pasalnya, Rossa dikenal pemilih baik untuk teman duet maupun lagu. 

"Saya Whatsapp dia, ajak duet. Dia minta lagunya yang telah direkam versi demo. Setelah 20 detik mendengarkan, dia bilang suka tapi belum yakin. Akhirnya kami cari waktu untuk rekaman langsung bersama Rossa. Sebetulnya yang sulit ya ini, cari waktu yang bisa ketemu bareng," ungkap Rian.

Saat take vocal, D' Masiv membebaskan Rossa untuk improvisasi dengan lirik dan melodi yang diberikan. Ternyata, kata Rian, pengalaman memang tidak berbohong. Rossa berhasil membawakan Pernah Memiliki dengan sempurna, sesuai dengan keinginan D' Masiv. 

David Noah mengisi piano



Selain bersama Rossa, D' Masiv juga mengajak David Noah untuk berkolaborasi. Alasannya, karena D' Masiv tidak punya pemain piano atau keyboard, sedangkan Pernah Memiliki ingin dibalut bunyi instrumen piano.

"Tadinya kami hanya ingin memakai piano saja untuk aransemen lagu ini. Akan tetapi, label memberi saran, kalau hanya piano, kesan bandnya kurang. Akhirnya, kami tambahkan instrumen lain. Kehadiran David Noah memberi nyawa dan warna ke lagu kami," kata Rian. 

Sang rekan duet, Rossa membenarkan, dia hanya mendengarkan Pernah Memiliki selama 20 detik pertama. Soalnya, dia langsung suka. Biasanya, kata Rossa, kalau dia enggak suka malah akan mendengarkan lagu itu sampai selesai.

Saat rekaman pun Rossa mengaku tak menemui kendala, kecuali jadwal yang susah ketemu. Rossa senang karena D' Masiv memberi kepercayaan penuh untuk menyanyikan Pernah Memiliki sesuai dengan karakter suara dia.

"Take vocal hanya 1,5 jam. Saya 30 menit, Rian satu jam. Saya enggak suka kalau rekaman diulang-ulang, karena jadinya enggak tulus, apalagi ini lagu mellow," ujar Rossa.

Menurut Rossa, dia senang bisa kembali berkolaborasi dengan band. Sebelumnya, dia pernah bekerja sama dengan Ungu untuk lagu Tercipta Untukku. 

"Enaknya nyanyi sama band, aku enggak deg-degan di panggung. Soalnya ada banyak orang di atas panggung," kata Rossa sambil tertawa.***

Bagikan: