Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Umumnya cerah, 18.2 ° C

Sedapnya Sate Juragan, Sate Maranggi yang Naik Kelas

Eva Nuroniatul Fahas

SATE maranggi dikenal dengan kelezatan daging panggang bumbu kecap yang dicocol sambal rawit segar. Menikmati kuliner khas Kabupaten Purwakarta ini ada baiknya disertai nasi putih pulen hangat dan segelas teh hangat.

Pamor kuliner ini bahkan terdengar hingga ke luar daerah. Tak heran di tempat asalnya, menu ini sudah sangat dikenal dan banyak pula yang merintis usaha berdagang sate maranggi di luar kota aslinya.

Amaroossa Bandung termasuk salah satu hotel yang menyajikan sate maranggi sebagai signature cuisine. Berada di kelas hotel, tentu saja ada kemewahan tersendiri dari seporsi sate marangginya.

Ateng muchtar, Executive chef amaroossa hotel Bandung menyebut sajian istimewa buatannya ini dengan nama sate juragan. Bagaimana tidak, daging yang digunakan pada sate ini adalah beef tenderloin dari sapi lokal.

Satu porsi sate maranggi dibakar tanpa bumbu yang disajikan dengan aneka pelengkap seperti kecap, sambal rawit, serta jeruk nipis.

Yang membedakan sate maranggi dengan sate lainnya adalah bumbunya terbuat dari kecap yang memiliki cita rasa paduan manis, asam, dan pedas yang menyentuh lidah kala menikmati sate berbumbu khas ini. Saat disajikan, bumbu kecap itu dilengkapi dengan irisan bawang merah dan tomat segar.

Saat digigit, daging sate begitu tebal, empuk dan masih juicy. Disantap tanpa bumbu pun, daging yang dipanggang ini memiliki cita rasa tersendiri.

Diakui Ateng salah satu kunci dari kelezatannya adalah proses marinasi yang menggunakan banyak bumbu dan rempah agar daging menjadi empuk.

"Saya gunakan banyak racikan bumbu, seperti asam, daun pepaya, laos, jahe, kunyit, kemiri, dan terutama ketumbar," ujarnya.

Didiamkan selama satu hari, barulah daging dapat diproses menjadi sate dengan dipanggang. Pemakaian ketumbar dalam jumlah banyak jadi ciri khas dari sate juragan. Cita rasa yang muncul mengingatkan kita pada olahan dendeng daging yang manis gurih kaya dan beraroma khas.***

Bagikan: