Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Cerah berawan, 21 ° C

Anti Galau Sederhana, Cobalah 7 Makanan Ini

Anti galau adalah istilah untuk hal atau kegiatan yang sengaja dilakukan orang untuk meredakan suasana hati yang kurang nyaman. Soalnya jika tak dikendalikan, galau, terbawa perasaan (baper) bete atau sedih bisa terluapkan menjadi perilaku tak menyenangkan.

Meskipun demikian secara ilmiah, suasana hati sebenarnya dipengaruhi oleh fluktuasi hormon dalam tubuh. Dilansir dari laman boldsky.com, salah satu contoh yang disebutkan adalah suasana hati pada seorang perempuan yang tengah datang bulan.

Terkait hal itu, hasil penelitian sejumlah ilmuwan di Amerika dan Eropa menunjukan bahwa beberapa jenis makanan bisa membantu kesimbangan hormon dalam tubuh ketika dalam kondisi fluktuatif. Berikut adalah makanan-makanan yang telah diteliti dapat menjaga keseimbangan hormon, sehingga membantu pengendalian suasana hati seseorang.

1 Kelapa



Kelapa mengandung asam lemak rantai medium yang sangat bagus untuk kesehatan otak Anda dan suasana hati Anda. Jadi pada saat Anda merasa sedih, memamakan beberapa potongan buah tropis ini dapat membuat persaan Anda lebih baik.

2 Dark Chocolate



Penelitian membuktikan, makan hanya satu ons coklat hitam sudah cukup untuk mengurangi kadar kortisol dan katekolamin tubuh Anda.  Keduanya hormon tersebut merupakan hormon stress.

3 Bayam



Mungkin ketika suasana hati Anda kurang baik, tidak pernah terpikir untuk memakan sayur hijau. Namun ternyata sayur memilki efek yang besar untuk mengembalikan suasana hati Anda menjadi baik. Sayuran hijau bisa Anda tambahkan ke daftar belanjaan Anda ketika tanggal periode Anda datang.

4 Telur



Bola kecil protein ini kaya akan asam lemak dan vitamin omega-3 yang meningkatkan suasana hati. Plus, protein dikenal untuk meningkatkan tingkat kenyang Anda, yang juga merupakan komponen penting dalam meningkatkan suasana hati.

5 Tomat



Kulit tomat kaya akan likopen, senyawa yang memiliki sifat antioksidan kuat yang berfungsi menyehatkan di otak Anda. Jadi, makanlah beberapa tomat saat Anda berada dalam suasana hati yang buruk. Untuk penyajiannya, Anda bisa menambahkan beberapa minyak zaitun ke salad tomat Anda karena meningkatkan penyerapan lycopene.

6 Madu



Madu mengandung senyawa kaempferol dan quercetin, yang menjaga otak Anda tetap sehat dan menghilangkan depresi. Selain itu, madu lima kali lebih manis dari gula biasa. Dengan begitu Anda bisa menikmati rasa manis yang sama dalam jumlah yang relatif kecil.

7 Yoghurt Yunani



Yoghurt Yunani penuh dengan kalsium penting untuk pelepasan neurotransmiter di otak Anda, terutama untuk membuat suasana hati  baik. Jadi, tambahkan yogurt ke smoothie buah Anda untuk membuatnya menjadi pilihan sempurna! (Umi Soliha)***

Bagikan: