Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 27.4 ° C

Mengintip Ponsel Pertama dengan Tiga Lensa Kamera

Asep Budiman

PONSEL pintar dengan dual kamera mulai menjadi fitur standar pada smartphone kelas atas akhir-akhir ini. Kini, perangkat mobile dengan tiga (atau lebih) modul kamera per sisi dikabarkan akan segera diluncurkan. Jika rumor itu benar, sepertinya pabrikan asal Tiongkok, Huawei, akan menjadi yang pertama meluncurkannya.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Huawei tidak meluncurkan model premium baru mereka pada Mobile World Congress di Barcelona pada akhir bulan ini. Setelah mengumumkan Mate 10 Pro pada CES, Huawei bersiap mengungkap produk andalannya yaitu P20 dan P20 Plus. Pada acara yang dijadwalkan diadakan di Paris pada 27 Maret 2018, raksasa Tiongkok tersebut menyiratkan akan memberikan kesan pertama yang luar biasa untuk perangkat andalannya.

Dugaan gambar Huawei P20 Pro telah menjadi viral dengan memiliki konfigurasi kamera dengan tiga lensa dan lampu kilat LED ganda. Dalam desain yang agak aneh, kamera ketiga dipisahkan dari dua lensa lainnya. Selanjutnya, seperti seri P10, Huawei bekerja dengan Leica di kamera P20.

Menurut Forbes, Huawei P20 akan menjadi smartphone pertama yang hadir dengan triple camera alis tiga kamera. Diduga, produk teranyar itu menawarkan resolusi total 40 megapiksel dan zoom optik/digital zoom 5x. Selain itu, kamera depan akan menampilkan resolusi 24 megapiksel.

Seperti model sebelumnya, kamera tersebut kabarnya telah dikembangkan bersama produsen optik Jerman, Leica. Belum ada bocoran lebih lanjut mengenai bagaimana teknologi tiga kamera ini benar-benar bekerja. Tetapi, ada yang memperkirakan ukuran hasil gambar akan jauh lebih kecil dari 40 megapiksel. Begitupun dengan jumlah piksel yang tinggi sebagian besar digunakan untuk zoom hibrida dan tujuan pencitraan komputasi seperti mengurangi noise dan HDR.

Mate 10 Pro merupakan salah satu kamera smartphone terbaik sehingga akan sangat menarik untuk melihat kinerja Huawei yang dilengkapi modul kamera tambahan. Saat ini, Mate 10 Pro memiliki lensa kamera 20 megapiksel dan lensa kamera 12 megapiksel di bagian belakang, dengan zoom hibrida 2x. 

Sensor baru



Dalam bocoran yang beredar, kamera pada Huawei P20 akan memiliki sensor baru dan optik baru yang akan membiarkan cahaya 100% lebih banyak untuk gambar lowlight yang sangat baik, tanpa perlu tripod. Salah satu poster berbicara tentang kamera selfie yang juga akan melihat peningkatan yang signifikan, dengan asumsi konten iklan itu nyata.

"Pro Selfie Camera" tampaknya akan tampil lebih baik dalam cahaya rendah, menghasilkan gambar 24 megapiksel lebih tajam dari kamera sebelumnya. Ini mungkin terkait dengan kecerdasan buatan Huawei yang telah digunakan di kamera Mate 10 Pro untuk pengenalan adegan. Ini juga akan menjadi bagian dari kamera baru, jika itu terjadi, dan digabungkan dengan alat pembingkaian otomatis untuk menghasilkan bidikan terbaik.

Ini adalah klaim berani dan menarik, jadi dari mana asalnya? Periklanan co-branded Huawei dan Leica tampaknya muncul dalam portofolio artis digital di agen yang diketahui bekerja sama dengan Huawei.

Rumor yang beredar sejak Juni 2017 menyarankan P20 akan menggunakan chip Kirin 970 seperti Mate 10 Pro dengan RAM 8 gigabyte. Prosesor Kirin akan membawa kecerdasan buatan ke P20 dengan adanya Neural Processing Unit (NPU) untuk mendukung rumor kamera tiga lensa. Juga kemungkinan hadir dengan Android 8.0 Oreo atau bisa jadi menggunakan OS EMUI Huawei sendiri.

Fitur baru



Sejumlah ponsel tahun 2017 menyematkan fitur face unlock, termasuk iPhone X dan OnePlus 5T, dan Huawei akan menambahkan sistem yang serupa ke ponselnya pada tahun 2018. Selama peluncuran Honor 7X dan Honor View 10 di London pada awal Desember 2017, Honor Huawei menyinggung tentang sistem pengenalan wajah yang aman di masa depan. Huawei mengklaim fitur itu cukup aman untuk penggunaan pembayaran dan cepat membuka kunci ponsel hanya dalam 400 milisecond.

Kabar yang beredar ini seolah mengonfirmasi pernyataan CEO Huawei Technologies, Richard Yu, pada MWC 2018 lalu. "Huawei P20 dan P20 Pro yang akan kami luncurkan di Paris, akan memiliki teknologi kamera yang inovatif," kata Yu kepada Digital Trends. 

Dia menegaskan, pengalaman kamera akan jauh lebih baik daripada saat ini. Masa pakai baterai juga akan meningkat dan akan ada inovasi lebih lanjut seputar kecerdasan buatan dan akan memiliki perangkat lunak baru untuk NPU dengan lebih banyak fitur AI.***

Bagikan: