Pikiran Rakyat
USD Jual 14.603,00 Beli 14.505,00 | Berawan, 24.5 ° C

Jimmy Kimmel Buka Perhelatan Piala Oscar 2018 dengan Isu Pelecehan Seksual di Hollywood

Siska Nirmala Puspitasari

ACADEMY Awards ke-90 dibuka dengan sangat elegan. Bukan hanya karena nuansa video klasik hitam putih yang khas sebagai pengawal acara, namun juga karena pembawa acara Jimmy Kimmel menyuarakan perlawanan terhadap masalah pelecehan seksual dalam monolognya.

Seusai menyapa hadirin di Dolby Theater, Kimmel mengawali perhelatan Piala Oscar 2018 dengan lelucon terhadap patung oscar. Menurut dia, patung oscar bukan tanpa sebab dibuat telanjang, dan posisi tangan berada di dekat dada, bahkan tidak memiliki kemaluan pria. "Ini karena kemaluan pria akhir-akhir ini dikaitkan dengan representasi pelecehan seksual," ujarnya.

Dalam monolognya, Jimmy Kimmel menyuarakan agar para aktor Hollywood dapat menjadi sosok panutan yang positif bagi masyarakat. "Karena dunia memperhatikan kita. Karena itu kita perlu memberikan contoh yang baik, terutama melawan masalah pelecehan seksual. Momen ini harus kita gunakan untuk mulai melakukan perubahan positif," katanya.

Seperti diketahui, dalam satu tahun terakhir masalah pelecehan seksual membayangi para aktor Hollywood. Sejumlah aktor dilaporkan pernah melakukan pelecehan seksual, dan banyak aktor wanita yang secara mengejutkan mengaku pernah mengalami pelecehan seksual. Gerakan #metoo bermunculan di media sosial, dimana warga net yang juga pernah mengalami hal serupa akhirnya memberanikan diri untuk muncul dan berbagi pengalaman pahit mereka terkait pelecehan seksual.

Angin segar



Dalam monolognya, Jimmy Kimmel juga menyinggung terkait banyaknya perubahan-perubahan positif yang terjadi dalam dunia perfilman Hollywood. Salah satunya adalah kehadiran film Black Panther dan Wonder Woman.

Dia menturkan, Black Panther adalah cerita dengan kekuatan positif yang luar biasa terutama bagi isu African-American. Begitupun Wonder Woman yang dinilainya memberikan angin segar mengenai isu gender.

"Tahun ini banyak sekali hal yang bisa kita rayakan. Termasuk banyaknya nominator tahun ini yang mencacatkan sejarah," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Jimmy Kimmel juga mengumumkan bahwa para pemenang Piala Oscars akan membawa pulang Jetski seharga 17.999 dolar Amerika.***

Bagikan: