Pikiran Rakyat
USD Jual 14.449,00 Beli 14.351,00 | Umumnya berawan, 22.7 ° C

Diam-diam, Ada Fitur Panggilan Suara dan Video di Instagram

INSTAGRAM selalu ingin menjadi yang terbaik. Aplikasi ini tak hanya ingin menjadi kamera Anda tetapi juga ingin menjadi ponsel Anda. Media sosial ini selalu mengembangkan fitur-fitur baru agar menjadi lebih baik dari pesaingnya, Snapchat.

Dikutip dari Techcrunch, baru-baru ini, sebuah sumber mengungkap adanya file mentahan atau Android Application Packages (APK) yang tertanam pada aplikasi Instagram. Terdapat dua file APK yang bernama ‘call’ dan ‘video call’.

File APK ini biasanya menunjukkan fitur-fitur yang belum pernah dirilis yang tersimpan dalam aplikasi tersebut. File tersebut sedang menunggu untuk dipasang saat perusahaan siap meluncurkannya.

Terungkapnya file APK ini menunjukkan kemungkinan Instagram sedang mempersiapkan untuk peluncuran fitur panggilan suara dan video. Fitur ini sepertinya akan tersedia pada sistem pesan langsung atau direct message-nya.

Kabar ini memperkuat laporan pada bulan Januari lalu. Laporan tersebut menyampaikan penemuan gambar tombol panggilan video oleh blog WAbetainfo. Saat itu, munculnya tombol tersebut diduga hanya sebagai pengujian secara internal. Pihak Instagram pun tidak memberikan komentar terkait laporan ini.

Tak ada komentar



Sama halnya dengan saat ini, munculnya bukti baru tentang fitur panggilan suara dan video tersebut tidak mendapatkan komentar apapun dari Instagram.

Tetapi, dengan terungkapnya file APK yang dapat dilihat secara umum tersebut, nampaknya Instagram akan sulit untuk menyanggah pemberitaan tentang akan diluncurkannya fitur tersebut.

Reaksi ‘no comment’ dari pihak Instagram ini serupa dengan saat kabar tentang fitur Giphy GIF muncul. Namun, seminggu setelah kabar itu beredar, ternyata fitur tersebut benar-benar diluncurkan oleh Instagram.

Sementara itu, jika Instagram benar-benar menambahkan fitur panggilan suara dan video dalam sistem obrolannya, hal ini akan membuat aplikasi tersebut menyusul pesaingnya, yakni Snapchat.

Seperti diketahui, Snapchat telah lebih dulu merilis fitur panggilan suara dan video. Fitur panggilan video pada Snapchat dirilis pada tahun 2014. Fitur ini kemudian disempurnakan dengan menambahkan catatan suara dan video pada tahun 2016.

Merebut pengguna Snapchat



Banyak yang heran mengapa Instagram hingga saat ini belum menambahkan fitur-fitur tersebut. Dalam fitur Stories, Instagram memang sudah mengungguli Snapchat dengan fitur-fitur baru seperti kontrol privasi untuk memainkan kembali stories yang dikirimkan, yang tidak dimiliki Snapchat.

Pengembangan fitur stories pada Instagram memang membuat pertumbuhan Snapchat tersendat. Namun, fitur pesan pada Snapchat tetap lebih diminati oleh para pengguna daripada fitur pesan pada Instagram.

Jika saja Instagram bisa menjadi alat berkomunikasi visual terbaik, maka Instagram pasti bisa merebut pengguna Snapchat dan menjadikan Instagram lebih menarik bagi orang-orang di seluruh dunia.

Instagram dimaksudkan untuk menjadi jendela untuk melihat kehidupan teman-teman Anda. Anda sekarang dapat melihat kegiatan mingguan seseorang lewat feed, kegiatan harian lewat stories, monolog seseorang lewat live, serta pesan dan meme lucu lewat direct. Nantinya, fitur calling atau panggilan akan menjadikan Instagram tak hanya sebagai jendela tetapi menjadi sebuah pintu ke kehidupan orang lain. (Annisa Fauziah)***

Bagikan: