Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Umumnya berawan, 20.5 ° C

Twitter Luncurkan Fitur Bookmark untuk Simpan Kicauan secara Pribadi

TWITTER meluncurkan fitur bookmark terbarunya. Fitur ini sebelumnya telah diuji coba selama setahun terakhir, menyusul proyek perusahaan HackWeek yang dijuluki #SaveForLate. Dengan fitur ini, Anda bisa menyimpan kicauan yang ingin dilihat atau dibaca lagi. Penyimpanan ini dilakukan secara pribadi saja.

Dikutip dari Techcrunch, keinginan untuk menyimpan kicauan untuk dibaca di lain waktu memang sudah sejak lama diminta oleh pengguna Twitter. Hal ini karena banyaknya kabar yang beredar di media sosial tersebut dan sering kali menyertakan tautan ke artikel yang lebih panjang. Oleh karena itu, pengguna membutuhkan waktu khusus untuk membacanya.

Selain hal tersebut, permintaan pengguna ini juga dipicu oleh keinginan mereka untuk meningkatkan privasi seputar penyimpanan mereka. Pengguna Twitter terkadang merasa tidak nyaman menggunakan tombol ‘favorite’ untuk menyimpan kicauan karena konten yang terkandung di dalamnya.

Tombol ‘favorite’ yang berbentuk hati ini ditujukan untuk perasaan yang positif. Padahal, orang tidak selalu menekan tombol ini karena benar-benar menyukai sebuah kicauan. Bisa saja mereka menekannya hanya karena ingin menyimpan kicauan ini tanpa menandakan bahwa mereka menyukai kicauan tersebut.

Pengguna juga mempermasalahkan tindakan mereka dalam menekan tombol ‘favorite’ ini. Hal ini karena tindakan tersebut dipublikasikan secara umum. Daftar ‘favorite’ pengguna juga bisa dilihat oleh siapapun. Bahkan, pembuat kicauan juga akan menerima pemberitahuan ketika seseorang menekan favorite kicauannya

Permintaan pengguna Twitter untuk fitur baru ini serupa dengan pengguna Facebook yang ingin dibuatkan tombol ‘tidak suka’. Namun, daripada memberikan yang diminta, Facebook meluncurkan emoticon yang menunjukkan perasaan seperti marah, sedih, tertawa dan senang untuk melengkapi tombol ‘suka’.

Tak repot



Berbeda dengan Facebook, Twitter tidak memberikan tombol perasaan seperti itu, melainkan fitur lain untuk menyelamatkan kicauan-kicauan ini.

Sebelumnya, untuk menghindari terganggunya privasi mereka, pengguna Twitter mengatasinya dengan cara menyimpan kicauan dengan berbagai trik. Trik-trik tersebut termasuk dengan mengirimkannya lewat DM ke diri mereka sendiri, menyimpannya di notepad, atau mengirimnya lewat email. Namun, sekarang pengguna Twitter sudah tidak perlu serepot itu.

Twitter meluncurkan fitur Bookmark untuk menyimpan kicauan secara pribadi. Peluncuran ini dilakukan secara global untuk iOS dan Android, Twitter Lite, dan mobile.twitter.com.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus mengklik ikon ‘bagikan’ baru yang terletak di sebelah ikon ‘favorite’ (berbentuk hati). Setelah itu, pengguna akan diberikan pilihan untuk membagikan kicauan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menambahkannya ke bookmark.

Pengguna dapat melihat daftar kicauan yang disimpan dengan mengklik ikon profilnya untuk menampilkan menu. Di sana, akan ada daftar bookmark yang terletak di samping pilihan lain seperti Twitter Lists dan Moments. (Annisa Fauziah)***

Bagikan: