Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Umumnya cerah, 18.2 ° C

Teknologi 5G Segera Hadir, Tak Perlu lagi Wi-Fi Publik

Asep Budiman

TUNTUTAN akan koneksi yang lebih cepat mendorong produsen chipset dan ponsel serta operator seluler global menciptakan teknologi lebih tinggi daripada 4G. Kehadiran teknologi 5G yang disinyalir akan hadir secara global mulai tahun 2020 di sejumlah negara maju, menjanjikan koneksi superior dengan pengalaman yang lebih luas.

Berdasarkan outfresh.com, setelah 1G, 2G, 3G, dan 4G LTE, kini hadir 5G. Ini adalah generasi kelima jaringan nirkabel yang diharapkan diluncurkan pada 2020 di seluruh dunia. ­Teknologi ­5G akan didasarkan kombinasi teknologi nirkabel yang ada seperti GSM, Wi-Fi, dan LTE serta teknologi akses radio baru.

5G akan membawa kapasitas lebih tinggi dari jaringan 4G yang ada. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan data di luar 1 GB per detik dan akan memberikan kepadatan broadband yang lebih tinggi kepada pengguna. Diperkirakan tingkat kecepatan unduh puncak adalah 20/Gbits dan tingkat upload akan menjadi 10G/bit. Akan ada latensi dan konsumsi ba­terai rendah saat menggunakan 5G yang berarti akan mening­katkan masa pakai baterai hingga 10 tahun dan mengurangi penggunaan energi jaringan 90%. Beberapa ratus dan ribuan komputer akan dapat mengakses koneksi simultan dengan kecepatan sangat tinggi. Efisiensi spektral juga akan meningkat dalam 5G network.

Jaringan akan menguntungkan sektor telekomunikasi untuk sebagian besar. Teknologi 5G juga akan membawa perubahan terbesar dengan memulai era smart car tanpa driver dan rumah pintar. Raksasa telekomunikasi terkemuka seperti Apple, Airtel, BSNl, dan Nokia telah mulai bekerja dengan teknologi 5G dan mungkin akan membawa kejutan besar. 

Dengan 5G, konsumen hampir tidak perlu lagi masuk ke Wi-Fi publik. Mereka juga dapat menikmati menjelajah internet dan mengunduh yang lebih cepat, panggilan video berkualitas lebih baik, streaming video UHD dan 3600, dan akses instan ke layanan cloud yang telah tersedia saat ini. Dengan munculnya jaringan 5G, always connected PC akan dapat memberikan akses internet supercepat, konektivitas berlatensi rendah untuk layanan cloud berikutnya, serta konferensi video berkualitas tinggi, permainan interaktif, dan peningkatan dalam produktivitas karena fleksibilitas untuk bekerja di mana saja. 

Peningkatan mobile broadband 5G akan meningkatkan pengalaman virtual reality (VR), ditambah augmented reality (AR) dan extended reality (XR) dengan kapasitas yang mumpuni dan biaya lebih rendah serta latensi ultra rendah hingga di bawah 1 milidetik. Kecepatan fiber dan kapasitas besar untuk mendukung permintaan konsumen terhadap data unlimited, serta akses internet untuk mobile dan home broadband yang superior. 

Kekurangan



Meskipun banyak keuntungan, ada beberapa kelemahan juga. Seiring penelitian terus berlanjut dan teknologi masih dalam proses sehingga sulit memperkirakan skenario pastinya.

Beberapa kendala masih dihadapi dalam mewujudkannya, beberapa bagian dunia belum mendukung teknologi 5G sehingga tidak memungkinkan peningkatan kecepatan yang besar. Masalah sinyal radio dan perangkat yang tidak kompeten dengan teknologi 5G, biaya membangun infrastruktur yang besar, serta masalah keamanan,  dan privasi.***

Bagikan: