Pikiran Rakyat
USD Jual 14.603,00 Beli 14.505,00 | Berawan, 24.5 ° C

The Carnival of the Animals, Suara Hewan dalam Alunan Musik Klasik

Windy Eka Pramudya
KONSER The Carnival of the Animals di Auditorium IFI Jalan Purnawarman Kota Bandung, Minggu, 21 Januari 2018.*

BAGAIMANA menginterpretasi suara hewan pada komposisi musik klasik? Lewat program pertunjukan The Carnival of the Animals, imajinasi suara hewan diwujudkan dalam bentuk lain. 

Rangkaian komposisi The Carnival of the Animals merupakan karya komposer Prancis, Charles-Camille Saint-Saens. Dia menggubah 14 komposisi musik klasik yang menceritakan tentang aneka hewan.

Berlangsung di Auditorium IFI Jalan Purnawarman Kota Bandung, Minggu, 21 Januari 2018, konser 'The Carnival of the Animals' menampilkan sebelas musisi bersama konduktor Wishnu Dewanta.

Berbeda dengan konser musik klasik pada umumnya, para musisi naik pentas dengan pakaian santai yaitu kaus. Tampil selama 1,5 jam, konser yang digagas Bandung Philharmonic dan Institut Francais Indonesia itu membuka wawasan tentang musik klasik yang menampilkan instrumen flute, klarinet, xylophone, piano, violin, cello, dan kontrabas.

Airin Efferin selaku CEO Bandung Philharmonic mengatakan, konser The Carnival of the Animals menjadi salah satu upaya untuk memperkenalkan musik klasik ke anak-anak dengan cara menyenangkan. Alhasil, kata Airin, anak-anak yang menonton konser bersama orangtua bisa mengenal dan memahami musik klasik.

"Tidak ada hewan yang ditampilkan di pertunjukan ini. Namun, hewan-hewan dihadirkan secara musikal. Suara hewan bisa terdengar lewat alunan musik," ungkap Airin.

Disertai narasi



Konser The Carnival of the Animals dimulai dengan cerita si raja hutan, yakni singa. Dalam irama yang elegan layaknya langkah tegap seekor singa, Mars Singa seperti menyulut semangat puluhan penonton yang terdiri atas anak-anak dan orangtua.

Setelah singa, giliran ayam yang menjadi menu pertunjukan. Nomor Hens and Roosters pun mengalun.

Selama konser, penonton tak hanya menyaksikan performa apik para musisi. Namun, pada setiap nomor yang dihadirkan Airin membacakan sedikit narasi tentang hewan yang menjadi inspirasi komposisi musik.

Naskah yang dibacakan Airin ditulis Sundea, seorang penulis yang aktif di media daring dan senang kolaborasi dengan seniman lintas disiplin.

Salah satu naskah yang dibacakan misalnya sebelum Mars Singa berkumandang. Sundea menulis, "namaku singa. Langkahku agung laksana raja. Tubuhku kokoh dan perkasa. Aumku terdengar di seluruh rimba".

Kisah tentang kuda tersaji lewat Kuda Liar. Pada nomor ini para musisi mengentakan kaki seperti derap kaki kuda di atas panggung. Seusai suara derap, barulah ensambel instrumen memainkan komposisi yang rancak.

Seusai kuda, para musisi berkisah tentang kura-kura. Seperti tabiat kura-kura yang lambat, maka musik pun bertempo lambat dan membuai telinga penonton.

Deretan hewan lain yang menjadi materi komposisi adalah gajah, kanguru, ikan di akuarium, keledai, burung kukuk, dan Voliere atau burung kecil.

Pianis dan tulang belulang



Selain tentang hewan, konser The Carnival of the Animals juga bercerita tentang hal lain yaitu pianis.

Lagu berjudul Pianistes ini dibumbui dengan naskah yang berbunyi, "aku adalah seorang pianis. Berlatih piano Senin dan Kamis. Dengan tangan yang mekanis. Kami mainkan lagu yang manis".

Hal lain yang menjadi inspirasi adalah tentang tulang belulang. Dikemas dalam judul Fossiles, aransemen dibuat dengan tempo cepat dan sarat ketukan. Hal ini tersirah dari narasi yang tertulis, yakni "kami tulang belulang. Lincah dan selalu riang. Ke kanan-kiri menari senang. Melompat-lompat ke awang-awang".

Pertunjukan musik klasik The Carnival of the Animals ditutup dengan The Swan yang berkisah tentang angsa dan komposisi penutup Finale. Sebagai bonus, konduktor Wishnu juga menyuguhkan lagu daerah Nusa Tenggara Timur yang juga berkisah tentang hewan yaitu Anak Kambing Saya.

"Semoga komposisi ini bisa mengimajinasikan suara kambing pada aransemen musik klasik," ujar Wishnu yang disambut tepuk tangan meriah penonton.***

Bagikan: