Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Berawan, 20.9 ° C

Sinopsis Jomblo, Rumitnya Memperjuangkan Status Baru

Windy Eka Pramudya
SUASANA gala premiere film Jomblo di Kemang Village. 29 September 2017.*
SUASANA gala premiere film Jomblo di Kemang Village. 29 September 2017.*

AKHIRYA film Jomblo pun tayang. Bagi Anda yang penasaran, sinopsis Jomblo ini mungkin dapat memberi gambaran uniknya film komedi cinta ini. Apa sih hal yang bikin menderita saat menyandang status jomblo? Bagi Agus Garniwa (Ge Pamungkas), jomblo membuat dia tak bisa memiliki gandengan saat wisuda.

Selain itu, hidupnya sehari-hari hanya dihabiskan bersama tiga sahabatnya yakni Dony (Richard Kyle), Bimo (Arie Kriting), dan Olip (Deva Mahenra) serta membantu Teh Guti (Deswita Maharani) di toko roti.

Pada suatu ketika, Agus bertekad harus memiliki kekasih. Hal ini tentu didukung tiga sahabatnya yang memiliki keunikan karakter. Bimo adalah seorang pria yang punya percaya diri tingkat tinggi. Dia memanfaatkan semua platform media sosial dan fitur chatting untuk kenalan.

Lain Bimo, lain pula Olip yang terkesan tegas karena memiliki latar belakang militer. Namun, di balik ketegasan Olip, dia sangat takut untuk sekadar berkenalan dengan Asri (Aurelie Moeremans), perempuan pujaannya. Sementara itu, Dony adalah si ganteng yang tebar pesona di mana-mana. Untuk Dony, tak perlu ada komitmen yang penting dia bisa dekat dengan semua perempuan.

Kesempatan Agus untuk menyudahi kejombloannya terbuka saat dia ngeceng di kampus tetangga. Sosok teman SMP Agus, Rita (Natasha Rizky) menarik perhatiannya. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Perasaan Agus direspons Rita. Alhasil, status Agus berubah. Bagi tiga sahabatnya, status baru Agus adalah pembuka jalan. Bimo dan Olip berharap mereka tertular nasib mujur Agus.

Namun, masa pacaran Agus bersama Rita tak semulus dugaan dia. Satu per satu masalah datang. Di tengah kebosanan Agus terhadap Rita yang dianggap mengatur, Agus bertemu Lani (Indah Pertamasari).

Agus jatuh cinta lagi. Agus tak tahu kalau Bimo juga menaruh hati pada Lani. Keruwetan pun bertambah ketika Asri malah naksir pada Dony. Hal ini tentu membuat Olip murka.

Persahabatan mereka pecah. Agus berusaha agar kondisi bisa seperti semula. Akan tetapi, dia juga tak bisa berbuat banyak, karena Agus juga harus memilih antara Rita atau Lani. Siapakah yang akan dipilih Agus? Bagaimana hubungan Agus dan tiga sahabatnya?

Pemain yang ikonik



Film Jomblo yang mulai tayang 5 Oktober 2017 tersebut merupakan reboot dari film berjudul serupa yang dirilis 2006 lalu. Uniknya, sutradara dan penulis skenario yang terlibat masih sama, yaitu Hanung Bramantyo sebagai sutradara dan Adhitya Mulya sebagai penulis naskah. Di tangan Adhitya Mulya pula kisah "Jomblo" diterbitkan pertama kali dalam bentuk novel.

Lantas apa perbedaan film "Jomblo" masa lalu dan sekarang? Film produksi Falcon Pictures itu tetap mengangkat premis yang sama, yakni kisah tentang persahabatan dan cinta. Namun, sebagai penulis cerita, Adhitnya Mulya memberikan sedikit perubahan pada bagian akhir kisahnya. Dengan dibuatnya lagi film "Jomblo", membuktikan kalau problema status jomblo masih menjadi isu menarik yang dibicarakan. Terlebih saat ini, generasi milenial kerap memanfaatkan status jomblo sebagai bahan lelucon di media sosial misalnya lewat meme.

Sentuhan mutakhir film "Jomblo" reboot diperlihatkan lewat hadirnya grafis animasi di sejumlah adegan. Sebagai sutradara, Hanung berupaya tak keluar dari jalan ceritanya tapi tak ingin ketinggalan zaman. Selain itu, para karakter yang menghiasi film kerap bersentuhan dengan maraknya penggunaan media sosial. Seperti misalnya saat Bimo berkenalan dengan perempuan atau Agus yang melakukan video call bersama Dony.

Yang menarik dari "Jomblo" reboot adalah melihat ensamble pemainnya. Sosok Agus yang ikonik sebagai pemuda Sunda yang lugu tapi lucu berhasil diperankan Ge. Chemistry Ge juga muncul saat dia beradu akting dengan Indah Permatasari. Yang mencuri perhatian sepanjang film adalah kemunculan Deswita Maharani yang berperan sebagai kakak Agus, Teh Guti dan Adjisdoaibu yang menjadi Jonur, teman kampus Agus. Mereka menjadi bumbu yang membuat "Jomblo" terasa lebih menggigit.

Pada pemutaran perdana di Kota Bandung, Rabu 4 September 2017, penulis Adhitya Mulya mengungkapkan, film Jomblo yang dia tulis ulang tidak sama dengan yang dia tulis 2006 lalu. Adhit bahkan menjanjikan film "Jomblo" versi sekarang lebih seru dan memotret generasi milenial lebih detail.

"Pesan filmnya masih sama, yakni menghargai persahabatan dan cinta. Selain itu, kisahnya juga tetap dibungkus komedi. Akan tetapi, saya mengubah babak akhir filmnya. Ini yang bikin cerita menjadi berbeda," ungkap Adhit.

Dengan cerita yang dikemas ringan, Jomblo menjadi tontonan yang menghibur pada akhir pekan ini. Semoga sinopsis Jomblo ini cukup memantik penasaran Anda. Selain sinopsis Jomblo ini, masih ada beberapa alasan mengapa Anda perlu menonton film Jomblo.***

Bagikan: