Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 24.7 ° C

7 Negara Ini Memiliki Satwa Langka Dunia

Menurut Conservation International, hanya ada 17 negara di dunia yang merupakan 'megadiverse'. Masing-masing memiliki sejumlah besar spesies yang berbeda, dan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Indonesia termasuk dalam salah satu negara megadiversitas tersebut. Negara-negara yang kaya akan satwa liar dan jarang ditemui tersebut, layak menjadi salah satu destinasi tujuan berlibur yang harus anda kunjungi setidaknya satu kali seumur hidup.

Berikut ini kami rangkum di antaranya tujuh negara kaya akan satwa liar, seperti dilansir Telegraph:

 

1. Australia:  Quokka



Australia penuh dengan binatang yang aneh dan cantik. Sekitar 83 persen mamalia, 89 persen reptil, 24 persen ikan dan serangga, serta 93 persen amfibi mendiami benua ini.

Tetapi hanya sedikit dari binatang-binatang ini yang bisa didekati. Salah satunya yaitu Quokka, bentuknya kira-kira seukuran kucing dan tidak takut pada manusia.

Quokka dapat dilihat dalam jumlah besar di pulau rottnest dan dekat albany. Namun di daratan jumlah mereka telah habis oleh predator termasuk rubah dan kucing.



 

2. Brazil: Jaguar



'El tigre', adalah julukan yang diberikan orang-orang Amerika Selatan pada predator puncak yang satu ini. Brazil adalah tempat terbaik untuk melihat binatang ini.

Jaguar memang sulit ditemukan. Namun ada kemungkinan untuk melihat mereka di musim kemarau antara Juni dan November. 



 

3. Tiongkok: Panda



Chengdu, dikenal sebagai ibu kota panda dunia. Kota ini adalah tujuan utama bagi para pencinta panda.

Disana Anda akan menemukan pusat konservasi panda, dan juga ruang terbuka hijau kota. Chengdu adalah rumah bagi lebih 90 ekor panda. Ada semak bambu, pagoda, kolam dengan ikan koi, dan juga panda merah.

Anda bisa melihat panda-panda di sana sepanjang tahun. Tapi jika berkunjung di akhir musim panas atau awal musim gugur (Agustus atau september), Anda akan mendapatkan bonus melihat bayi panda yang baru lahir.



 

4. Kolombia: Kolibri



Satu dari 10 spesies flora dan fauna di dunia, dapat ditemukan di kolombia. Khususnya bagi pengamat burung, akan dimanjakan dengan berbagai macam burung-burung.

Diketahui di Kolombia terdapat sekitar 1.900 spesies burung, sangat banyak dibandingkan negara lain. Dari jumlah tersebut, banyak diantaranya yang dapat dalam perjalanan dari ibu kota, Bogota.\

Di Jardin Encantado Sanctuary, San Fransisco, terdapat sebanyak 16 jenis burung kolibri yang bisa dilihat. Selain itu, Laguna El Tabacal, tidak jauh dari san Fransisco, serta La Florida Park yang berada di pinggiran kota juga menjadi destinasi populer bagi para pencinta alam. 



 

5. Republik Demokratik Kongo: Gorila



Bertatap muka dengan gorila gunung harus menjadi salah satu pengalaman satwa liar terbaik seumur hidup. Raksasa gagah yang memiliki berat mencapai  sekitar 200 kg ini.

Gorila dapat ditemukan di Virungas, sebuah rangkaian gunung berapi setinggi 15.000 kaki yang membentang sepanjang Rwanda, Uganda dan Kongo.



 

6. Ekuador: Kura-kura Galapagos 



Beratnya mencapai 250 kg.  Kura-kura Galapagos adalah jenis terbesar dari semua kura-kura yang ada di dunia. Selain itu, ia memiliki umur terpanjang dari semua vertebrata.

Langkahkan kaki ke laboratorium evolusi alami di Ekuador, jika Anda ingin melihatnya. terletak 620 mil dari pantai Ekuador, melihat kura-kura ini adalah keharusan bagi semua penggemar margasatwa.



 

7. Indonesia: Komodo



Kadal terbesar dunia ini hanya ada di lima pulau di Indonesia. Yakni di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Padar.

Mereka benar-benar menakutkan namun sekaligus menakjubkan. Dengan berat lebih dari sekitar 79-91 kg untuk komodo jantan dewasa, hewan ini memiliki gigitan beracun dan memungkinkan mereka untuk membunuh binatang yang lebih besar, bahkan manusia sekalipun.

Seorang penulis, Stanley Stewart pernah mengunjungi Pulau Komodo dan terkagum-kagum melihatnya. "Ia seperti replika miniatur dari hewan-hewan jurassic. Luar biasa," tulisnya. (Asri Novalinda)***

Bagikan: