Pikiran Rakyat
USD Jual 14.370,00 Beli 14.070,00 | Berawan, 22.5 ° C

Kopi Kertasari Akan Disuguhkan di Sidney

Endah Asih Lestari

BAGI seorang pengusaha, impian untuk melakukan ekspansi hingga ke luar negeri tentu pernah mampir dalam benak. Sebagian hanya mampu menjadikannya sebagai mimpi, sebagian yang lain berhasil melakukannya.

Penikmat, petani, serta pengusaha kopi Natanael Charis (47), tergolong yang kedua. Dalam waktu dekat, pendiri Morning Glory Coffee ini akan membuka gerai kopi Indonesia di Sidney, Australia.

Kabar gembiranya adalah, kopi yang akan digunakan Nael, begitu ia akrab disapa, adalah kopi asli Jawa Barat. 

”Yang kami bawa adalah kopi kertasari, Kabupaten Bandung. Mengapa? Karena rasanya unik dan enak, orang-orang Australia pasti suka,” ucap Nael, ketika ditemui di Morning Glory Mitra Hotel Bandung, Senin, 25 September 2017.

Seperti ubi cilembu

Pria yang sering didapuk sebagai juri kopi internasional dalam berbagai event ini mengungkapkan, kopi kertasari memiliki karakter khas yang tidak ditemui di tempat lain. Lebih spesifiknya, rasanya hampir menyerupai ubi cilembu.

”Ketika dicecap, keluar tekstur rasa manis. Ini unik, karena selama ini masyarakat umum masih banyak yang mengetahui keberadaan kopi ini,” ujar Nael, yang pernah mengikuti kursus kopi di Trieste, Italia, pada 2004 silam.

Nael merasa yakin, masyarakat Australia yang merupakan penggila kopi akan terkesan dengan tekstur yang diantarkan kopi dari Kabupaten Bandung ini.

”Di sana, orang bisa minum kopi lima hingga enam cangkir setiap hari,” kata pria asli Bandung, Jawa Barat ini.***

Bagikan: