Pikiran Rakyat
USD Jual 14.032,00 Beli 14.130,00 | Umumnya berawan, 30.8 ° C

#KlipingPR Habis Peterpan Terbitlah Noah

Ari Nursanti
Koran Pikiran Rakyat edisi 3 Agustus 2012.
Koran Pikiran Rakyat edisi 3 Agustus 2012.

AGUSTUS menjadi bulan pernuh berkah bagi Nazril Irham atau Ariel. Pada bulan ini ia kembali memulai kancahnya di dunia hiburan dengan mengusung band baru.

"Sebuah kekuatan telah mempertemukan kami satu per satu, dengan cara yang tidak bisa diterka oleh siapapun. Bersama Uki, Lukman, Reza, dan David. Kami telah sampai di sebuah persimpangan dari setengah perjalanan, dan kami masih berkumpul di persimpangan itu. Kami sudah bersiap mengerjakan apa yang bisa kami lakukan di masa depan. Kami akan meneruskan perjalanan," ungkap Ariel, Sebagaimana dikutip dari Pikiran Rakyat Edisi 3 Agustus 2012.

Kamis 2 Agustus 2012, di kantor Musica Studio's Jakarta, Ariel meluncurkan bendera baru untuk nama grup bandnya. Akhirnya bendera ini berkibar setelah menunggu hampir dua tahun, Ariel (vokal), Lukman dan Uki (gitar), Reza (drum), dan David (keyboard) lahir kembali dengan nama baru Noah. Ariel dan kawan-kawan menguicapkan selamat tinggal kepada nama Peterpan yang mereka pakai sejak 2000 silam dan membesarkan mereka di industri Indonesia.

Ariel yang mewakili personel Noah menceritakan, nama itu sudah mereka pilih sejak 2009 lalu. Tadinya, mereka akan mengumumkan nama Noah itu tahun 2010. Rencana itu tertunda lantaran pada tahun yang sama Ariekl tersandung kasus hukum.

Noah akhirnya baru dirilis pada 2 Agustus 2012, sebelum melunurkan album terbaru September 2012 nanti. Sang gitaris Noah, Uki mengatakan, Noah berarti ornag yang membuat nyaman, penuh kedamaian, dan berumur panjang. " Semoga ini semua mewakili kami dan musik kami," kata Uki.

Seusai melunurkan nama Noah, single baru bertajuk "Separuh Aku" akan diputarserentak di 200 radio di seluruh Indonesia tepat pukul 15.08 WIB. Single ini menjadi pemanasan sebelum album Noah dirilis pada September 2012 mendatang. Lagu yang ditulis David itu bercerita tentang rasa empati seseorang terhadap orang dekatnya.

Logo Noah, kata Ariel, sangat sederhana. Mereka tetap menambahkan gambar bulu yang tercarik pada huruf "A" dalam rangkaian kata Noah. Logo bulu ini merupakan hasil karya Harry Sutresna atau Ucok "Homicide" dari Bandung.

"Logo bulu itu tadinya menghadap ke kiri, sekarang menghadap ke kanan dan mendongak ke atas. Menuju optimisme. Logo ini sudah dipakai pada album "Suara Lainnya yang rilis Mei lalu," kata Ariel.

Sebelum berbendera Noah, Ariel dan kawan-kawan berkibar dengan nama Peterpan. Mereka mencuri perhatian industri musik Indonesia sejak merilis single "Mimpi yang Sempurna" yang termuat dalam alnum kompilasi "Kisah 2002 Malam". Saat itu formasi Peterpan terdidri dari Ariel (vokal), Uki dan Lukma (gitar), Indra (bas), Andhika (keyboard), dan Reza (drum).

Formasi enam personel ini bertahan sampai mereka merilis album " Taman Langit" (2003), dan "OST Alexandria" (2005) yang mencatat kesuksesan dan menjadi salah satu fenomena di ranah musik Indonesia.

Pada tahun 2006 Andhika dan Indra dikeluarkan dari Peterpan. Namun saat itu Ariel dan kawan-kawan masih memakai nama Peterpan sampai merilis album "Hari yang Cerah" (2007) dan "Sebuah Nama Sebuah Cerita" (2008). Nama Peterpan harus diganti karena nama ini dicetuskan oleh Andhika yang sudah tidak bergabung lagi dengan grup itu.

Kini, Noah telah lahir. Apakah mereka sanggup untuk kembali menjadi mensin pencetak hit dan mengguncang industri musik Indonesia? Sebelum pertanyaan itu terjawab, kita ucapkan dulu, "Selamat datang Noah!"***

Bagikan: