Pikiran Rakyat
USD Jual 14.370,00 Beli 14.070,00 | Berawan, 22.5 ° C

Pasangan Anda Seorang Psikopat? Kenali 5 Tanda Ini

PSIKOPAT "hebat" adalah psikopat yang tidak terdeteksi. Faktanya, seorang psikopat kerap kali terlihat seperti orang paling menarik yang pernah Anda temui. Dia akan membuat Anda berpikir: "Hmmm, orang ini bisa menjadi pasangan yang hebat," ujar psikolog Dr. Perpetua Neo.

Dr. Neo adalah seorang ahli dalam bidang tiga kepribadian gelap (dark triad). Menurut dia, ketika kita berkencan maka biasanya akan menjadi versi terbaik dari diri kita. Tapi, seorang psikopat akan mengenakan topeng terbaiknya yang benar-benar berbeda dengan kepribadian aslinya. 

"Dia bisa berpura-pura menjadi orang lain. Dia akan bersikap baik pada pelayan, dan bersikap baik pada Anda. Seorang psikopat yang ahli tahu cara menunggu dengan sabar untuk menemukan waktu yang tepat," katanya. 

Banyak psikopat sangat sukses dalam berbisnis karena keahliannya dalam menguasai dan mendominasi. Ia bisa saja tampak menawan, memesona, dan cerdas. Namun, jangan tertipu. Psikopat tidak bisa benar-benar mencintai karena ia tak memiliki rasa empati. Jadi, ada baiknya Anda waspada terhadap orang yang Anda kencani.

Berikut tanda-tanda seseorang adalah psikopat menurut Dr. Neo:

1. Dia menarik, tapi tidak masuk akal



"Hal-hal yang dikatakannya tidak masuk akal. Seorang psikopat benar-benar hebat dalam membuat-buat cerita. Sepertinya dia ada di dimensi lain," ujar Dr. Neo seperti dilansir Metro.co.uk.

Umumnya saat Anda bertemu dengan seorang psikopat, hal-hal yang dikatakan olehnya agak aneh. Namun, Anda akan merasa bahwa orang itu benar-benar menarik.

2. Dia akan membombardir Anda dengan cinta sejak awal



Dr. Neo mengatakan bahwa psikopat sering bertindak terlalu dini untuk memanipulasi Anda agar mau tinggal bersamanya. "Dia akan senang menghujani Anda dengan cinta sejak awal berkencan. Dia akan mengatakan bahwa dia merindukan Anda setelah baru saja berkencan," katanya.

Menurut Neo, seorang psikopat akan menyatakan ingin menghabiskan setiap waktu dengan Anda dan menegaskan bahwa Anda belahan jiwanya. "Dengan begitu, otak Anda akan berpikir bahwa orang ini mungkin merupakan pasangan yang baik," tutur ahli psikoterapi lulusan Cambridge tersebut.

3. Dia akan mengatakan bahwa Anda sensitif atau gila



Dr. Neo memaparkan bahwa psikopat mungkin "menguji" Anda dengan mengatakan sesuatu yang menyinggung, seperti rasis, atau seksis. Kemudian, jika Anda bereaksi terhadap kata-kata tersebut, dia akan mengatakan bahwa Anda sensitif.

"Seorang psikopat bisa menjadi sangat kasar. Dia juga bisa memiliki standar ganda. Misalnya, Anda tidak boleh terlambat, tapi dia boleh. Jika Anda bereaksi karena dia terlambat, ia akan mengatakan bahwa Anda sensitif atau Anda gila," jelasnya.

4. Dia akan membuat Anda merasa kasihan



Psikopat akan membuat Anda berpikir bahwa kepalsuan yang dikatannya adalah sebuah kebenaran. Dia menceritakan kisah tentang dirinya dan menjelaskan mengapa Anda perlu mengasihaninya.

Dr. Neo menuturkan, "dia akan mengatakan pada Anda, 'inilah alasan saya minum' dan Anda diharuskan bertanggung jawab untuk membatunya melewati masa-masa sulit."

5. Dia berpikir dengan cara "menghitung"



Pada kencan pertama, seorang psikopat akan bersikap sangat baik terhadap pelayan restoran untuk menyembunyikan sifat aslinya. Walaupun begitu, terkadang Anda bisa juga melihat sifat pelit alaminya.

Seorang psikopat sangat perhitungan. Dia akan mengharapkan imbalan dari hal-hal yang dilakukannya. "Misalnya, dia mungkin berkata, 'Ayo kita beri tip pada pelayan-pelayannya, jadi mereka akan memperlakukan kita lebih baik di lain waktu'. Pola pikir transaksional seperti itu merupakan ciri khas psikopat," jelas Dr. Neo. (Kintan Utari Juanda)***

Bagikan: