Pikiran Rakyat
USD Jual 14.099,00 Beli 14.197,00 | Cerah berawan, 20.7 ° C

4 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

KUNCI semua kebahagiaan adalah kesehatan yang baik. Demikian dikatakan Leigh Hunt, seorang penulis terkenal. Kesehatan mata, sebagai salah satu indera dalam tubuh kita adalah salah satu hal yang tak boleh dilupakan. Mata yang indah tak lepas dari mata sehat.

Melansir The Philadelphia Sunday, mata menjadi salah satu organ tubuh yang paling penting. Sama seperti bagian tubuh lainnya, mata akan tetap sehat bila kita berusaha menjaga kesehatan. Untuk menjaga kesehatan mata dan mempertahankan gaya hidup sehat, Anda dapat menggabungkan keempat tips di bawah ini.

1. Ketahui riwayat kesehatan mata keluarga



Anda harus mengetahui anggota keluarga Anda yang pernah didiagnosis dengan penyakit tertentu mengingat banyak penyakit yang diturunkan secara turun-temurun. Penyakit mata seperti mata minus merupakan penyakit yang dapat diturunkan kepada seorang anak bila orangtuanya memiliki riwayat mata minus yang tinggi. Informasi ini membantu Anda memahami kondisi kesehatan mata Anda bila saja Anda berisiko tinggi terkena penyakit mata.

2. Konsultasikan dengan dokter spesialis mata



Sama halnya dengan mengunjungi dokter Anda untuk check up tahunan, Anda juga harus mengunjungi dokter mata setahun sekali untuk memeriksakan kesehatan mata. Dokter mata dapat menjawab semua pertanyaan Anda mengenai kesehatan mata. Hasil dari pemeriksaan tersebut dapat membantu mengidentifikasi penyakit mata yang mungkin menyerang mata Anda seperti glaukoma, penyakit mata yang disebabkan oleh diabetes, dan degenerasi makula. Terkadang penyakit mata tersebut tidak memiliki gejala apapun.

3. Istirahatkan mata Anda sejenak



Jika Anda menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer setiap harinya, istirahatkanlah mata Anda dengan metode 20-20-20. Caranya adalah dengan melihat objek yang berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter dari tempat duduk Anda selama 20 detik. Anda dapat mengulangi langkah ini setiap 20 menit sekali untuk mengurangi ketegangan mata Anda. Anda dapat melakukan metode ini saat sedang bekerja di kantor.

4. Konsumsi buah dan sayur



Mata membutuhkan banyak nutrisi agar dapat berfungsi secara optimal. Asupan vitamin, mineral, dan sumber protein dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Selain asupan nutrisi di atas, makanan terbaik untuk dikonsumsi agar kesehatan mata Anda tetap terjaga adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kubis. Konsumsi wortel, bayam, kacang almond, jeruk, dan brokoli juga sangat bagus untuk mata Anda karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi mata Anda.(Ghea Resta Meida)***

Bagikan: