Pikiran Rakyat
USD Jual 14.365,00 Beli 14.065,00 | Sedikit awan, 21.8 ° C

Bukan Penggemar Berat One Punch Man Kalau Belum Tahu 4 Fakta Ini

AWALNYA, One Punch Man adalah proyek manga tidak serius dari seorang kreator manga yang menginisialkan namanya dengan nama pena ONE. Sebagai komik humor aksi, nama One Punch Man dipilih karena pengucapan di Jepang mirip dengan karakter manga lawas berjudul Anpanman. 

One Punch Man pertama kali dipublikasikan secara independen pada 3 Juni 2009 dan mendapat lebih dari 55 juta pembaca. Tercatat ada sekitar 60.000 pembaca per harinya. Berikut ini adalah fakta-fakta yang mungkin Anda belum ketahui dari serial manga One Punch Man:

1. Terinspirasi Anpanman



Saitama atau yang lebih dikenal One Punch Man berkepala plontos dengan raut wajah kocak. Saitama yang memakai kostum ketat berjubah merah-kuning itu ternyata terinspirasi serial manga Anpanman (1988) yang dibuat Takashi Yanase. Serial animasi tersebut sudah tayang dari tahun 1973 sampai 2013 ketika sang kreator meninggal dunia.

2. Nama perfektur



Nama Saitama diambil dari salah satu daerah di Jepang yaitu perfektur Saitama. Ternyata, salah satu penulis  One Punch Man tinggal di sana.  Seperti terlihat dalam beberapa adegan di seri animenya, ketika bumi diserang , serangannya pasti mengarah ke perfektur Saitama di jepang.

3. Kecepatan tiada tanding



One Punch Man memilki kecepatan yang tidak bisa ditandingi oleh siapapun. Bahkan, salah satu karakter  tercepat dalam One Punch Man yaitu Sonic yang sempat bertarung dengannya masih kalah oleh Saitama. 

Hal itu dibuktikan dalam salah satu adegan di seri anime ketika Saitama menghadapi Borus, musuh terkuat di One Punch Man. Dia berhasil memukul Saitama dan mengempaskannya sampai ke bulan.

Ketika itu, Saitama berusaha kembali ke bumi, ia mengeluarkan kecepatan yang bila dihitung dengan ilmu fisika, kecepatannya mencapai 260.000 km per detik dan mampu mendarat di bumi dengan hanya waktu 3 detik. Hampir menyamai kecepatan cahaya. Ternyata Saitama pun belum mengeluarkan tenaga penuhnya. Dia mengakibatkan bulan yang diinjaknya hancur begitu saja saat dia mengambil ancang-ancang sebelum kembali ke bumi.

4. Parodi kocak



Serial manga itu merupakan parodi untuk serial manga lainnya seperti Dragon Ball Z , Naruto , bahkan film film superhero dari Hollywood. Kebiasaan komik manga di Jepang adalah, untuk mengalahkan satu musuh paling kuat, memerlukan beberapa episode. Tengok saja Dragon Ball Z, Naruto, dan komik-komik lain. Di One Punch Man, hanya butuh satu episode untuk mengalahkan musuh terkuatnya. 

Lalu dalam komik-komik Jepang juga biasanya ketika karakter utama mengelurkan kekuatan penuh, penampilannya akan berubah dengan menjadi berambut panjang. Lihat saja Dragon Ball dan Yu Yu Hakusho. 

Satu hal lagi, biasanya karakter utama apalagi superhero harus memilki penampilan yang keren dan menarik. Namun One Punch Man memilki penampilan yang terkesan lucu dan kocak.

4. Apa itu oppai?



Saitama sering terlihat memakai sweater bertulisan ’oppai’ dengan gambar dua  setengah lingakaran kecil yang menyatu dan di tengahnya terdapat titik. ’Oppai’ (おっぱい)  merupakan bahasa Jepang yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti payudara. Gambar di bawah tulisan ’oppai’ yang dipakai Saitama merupakan gambar payudara yang disamarkan. (Dewanggie Eka Saputra)***

Bagikan: