Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Cerah berawan, 21 ° C

Film Kartini, Perempuan yang Percaya Kekuatan Pendidikan

Munady
JAKARTA, (PR).- Film Kartini karya sutradara Hanung Bramantyo akan segera tayang pada 20 April 2017 mendatang. Film yang dibintangi aktris Dian Sastrowardoyo tersebut menyuarakan arti penting pendidikan, terutama di tengah permasalahan kualitas pendidikan serta penyebaran pendidikan di Indonesia yang belum merata.

Mendapat kepercayaan untuk memainkan peran sebagai Kartini, Dian Sastrowardoyo mengaku kagum terhadap sosok Kartini. “Semakin dalam saya membaca dan belajar soal Kartini, semakin kagum saya terhadap beliau. Problema Kartini jauh lebih filosofis, dekonstruktif, jauh lebih postmodern," ujarnya.

Menurut Dian, sosok Kartini mengingatkannya bahwa orang Indonesia memiliki kemampuan berpikir sejauh dan seprogresif itu. "Hal itu berarti kan ada di DNA kita tetapi kenapa kita sekarang belum sampai ke situ? Apakah karena kita malas, atau apakah karena kita harus mengalami represi sebesar yang Kartini alami, baru kita bisa berkembang untuk menjadi seorang pemikir yang matang?” ujar Dian.

Dalam film tersebut, digambarkan pemikiran Kartini yang percaya terhadap pendidikan sebagai kekuatan perubahan. Dian Sastrowardoyo mengaku melakukan riset yang panjang untuk menyelami kehidupan Kartini, yang percaya bahwa pendidikan bisa mengubah nasib seseorang, bahkan nasib suatu bangsa.

Robert Ronny, produser dan pemilik perusahaan film Legacy Pictures, yang memproduseri film Kartini menuturkan, masalah pendidikan memang menjadi salah satu hal yang menarik perhatiannya.

"Saya merasa banyak masalah di Indonesia bisa diselesaikan dengan majunya pendidikan di Indonesia. Dan Kartini juga percaya dengan hal itu. Bahwa untuk merubah nasib seseorang, merubah nasib sebuah bangsa, juga lewat pendidikan. Dengan pendidikan, gak peduli lagi soal kasta, gak perlu menikah muda, dan sebagainya.," ucapnya.

Kartini adalah sosok pahlawan perempuan yang memperjuangkan masalah pendidikan melalui pemikiran-pemikirannya, yang dituangkan dalam tulisan-tulisannya. ***
Bagikan: