Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian cerah, 31.1 ° C

Pluto, Mantan Planet dengan Sejumlah Fakta Unik

PADA 2006 lalu, muncul sebuah berita yang cukup mengagetkan di dunia antariksa. International Astronomical Union (IAU), sebuah kelompok yang memberi nama bagi planet, "memecat" Pluto dari statusnya sebagai planet bungsu di sistem tata surya. Alasannya karena Pluto menyalahi aturan orbit planet. 

Orbit planet memiliki jalurnya masing-masing dan tidak mengganggu orbit planet. Pluto yang memiliki orbit berbentuk oval tersebut menyimpang dan bersinggungan dengan orbit planet lain. Oleh karena itu, Pluto dikeluarkan dari sistem tata surya, dianggap planet kerdil dan hanya sebagai benda angkasa biasa. 

Pluto ditemukan pada 18 Februari 1930 oleh Clyde Tombaugh di Arizona, Amerika Serikat. Mantan planet bungsu tersebut berukuran cukup kecil dan hanya selebar benua amerika. Terdiri dari 2/3 batuan dan 1/3 es. Suhu di planet tersebut mencapai -230 derajat Celcius.

Berikut merupakan fakta-fakta mengenai Pluto yang dihimpun dari laman NASA.

1.     Pluto dan Gadis Kecil

Nama Pluto sendiri diberikan oleh seorang gadis berusia 11 tahun bernama Venetia Burney. Gadis asal Oxford tersebut mengusulkan kepada kakeknya untuk menggunakan nama dari dewa alam bawah dari mitologi Romawi. Kakeknya lalu mengajukan nama tersebut ke Lowell Observatory dan terpilih.

2.      "Kamu tidak gendut, kamu hanya salah planet!"

Jika seseorang memiliki berat badan 30 kg, maka ia hanya akan memiliki berat badan 2 kg jika ia tinggal di Pluto! 

3.    284 tahun bumi

Kita harus menunggu selama 248 tahun waktu bumi untuk berulang tahun! Pluto memiliki periode revolusi setiap 248 tahun sekali dan periode rotasi selama 6,4 hari waktu bumi.

4.     Ingin ke Pluto?

Pesawat Nirawak milik NASA bernama New Horizons diluncurkan untuk meneliti mengenai Pluto pada Januari 2006. Pada pertengahan musim panas di 2015, pesawat tersebut tiba di sekitar Pluto dan bulannya. Perjalanan New Horizons merupakan perjalanan terjauh yang penah ditempuh NASA selama meneliti mengenai luar angkasa.

6.     Pernah lebih dekat ke matahari daripada Neptunus

Pluto berjarak 30 sampai 49 satuan astronomi atau (4,4-7,3 miliar km) dari matahari. Oleh karena itu, ada saatnya Pluto dapat berjarak lebih dekat dengan matahari dibandingkan Neptunus. (Rina Siti Rahayu)***

Bagikan: