Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Umumnya cerah, 22.7 ° C

Ingin Mengusir Laron? Coba Cara Ini

DULU, salah satu pertanda datangnya musim penghujan adalah laron. Saat laron-laron mulai keluar di malam hari, masyarakat bisa memprediksi bahwa beberapa waktu mendatang akan segera turun hujan. Tapi kini pergantian musim tidak bisa dipastikan lagi waktu tepatnya kapan akan terjadi. Salah satu akibatnya adalah, selalu banyak laron yang berlalu-lalang.

Laron biasanya akan berkumpul di pusat cahaya. Seperti pada lampu, televisi, dan hal-hal lain yang bercahaya, yang mampu menarik perhatian mereka. Selain mengganggu penerangan, hadirnya laron juga kerap mengganggu pemandangan. Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mengusir laron?

Buat ‘sarang’ untuk laron.

Seperti yang kita tahu, salah satu lokasi favorit berkumpulnya para laron ialah lampu. Seringkali laron masuk dan mengelilingi lampu-lampu yang ada di dalam rumah kita. Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa membuat sarang untuk laron agar mereka tidak mengganggu penerangan di dalam rumah. 

Caranya ialah dengan sengaja menyiapkan lampu khusus untuk tempat laron berkumpul. Misalnya dengan menggunakan lampu belajar yang diposisikan di tempat khusus—misalnya di pojok ruangan—, yang kita jadikan sebagai sarang untuk para laron tersebut. Tujuannya agar tempat berkumpulnya laron-laron menjadi lebih terpusat dan tidak mengganggu penerangan di dalam rumah.

Menggunakan air

Salah satu cara yang paling tepat dilakukan untuk mengusir laron adalah dengan menggunakan air. Tapi bukan menyiram laron pakai air, justru menjadikan si air ini sebagai jebakan. 

Seperti yang kita tahu, air mampu memantulkan cahaya yang berasal dari lampu. Dengan adanya pantulan cahaya pada air, kita bisa mengelabui laron. Caranya ialah dengan menyiapkan air pada baskom yang ditempatkan di bawah lampu. Nantinya, laron-laron yang tertipu akan mendatangi baskom berisi air tersebut, yang mereka sangka adalah sumber cahaya. Saat laron menghampiri pantulan cahaya di air, laron akan terjebak dalam air tersebut dan tidak akan bisa terbang lagi.

Gabungan keduanya

Cara lain, kita bisa menggabungkan kedua hal tersebut bersamaan. Kita bisa menggunakan lampu belajar yang sengaja ditempatkan di sudut ruangan, dilengkapi dengan baskom atau nampan berisi air di dekat lampu belajar tersebut. Karena lampu belajar bisa diubah-ubah posisinya, jangan lupa untuk mengarahkan sorot lampu belajar tersebut ke arah air.  (Siti Aminah)***

Bagikan: