Pikiran Rakyat
USD Jual 14.260,00 Beli 14.162,00 | Umumnya berawan, 24.6 ° C

13 Momen Ikonik Film Ini Tidak Ada Dalam Naskah

SKENARIO di dalam sebuah film bisa saja membantu atau merusak film tersebut. Beberapa adegan yang menjadi ciri khas dan ikonik dalam film terkadang dihasilkan dari adegan yang awalnya tidak ada dalam naskah. Hal itu adalah hasil improvisasi sang aktor atau sutradara dilokasi shooting.

Dilansir dari allnight.com, berikut ini beberapa adegan paling berkesan dalam sejarah perfilman yang sejatinya tidak sesuai dengan naskah. Anda barangkali tidak menyangka jika adegan pada urutan terakir daftar ini merupakan hasil improviasasi

Adegan Pendekar (Raiders Of The Lost Ark)

Dalam film "Raiders of the Lost Ark" adegan yang tidak sesuai naskah adalah ketika Indiana Jones berhadapan dengan penjahat berpedang tetapi Jones lebih memilih mengeluarkan pistol dan menembaknya dibandingkan harus melakukan pertarungan yang akan berlangsung sangat panjang. 

Padahal naskah awalnya mengharuskan Jones melakukan pertarungan dalam adegan itu tapi Harrison Ford, bersama dengan banyak kru sedang mengalami kasus keracunan makanan dan tidak ingin memfilmkan seluruh adegan. Setelah diskusi dengan Steven Spielberg, adegan itu berubah menjadi seperti adegan yang saat ini  kita saksikan sekarang.

Tepuk Tangan Joker (The Dark Knight)



Dalam film "The Dark Knight”, ada satu adegan yang tidak sesuai naskah yaitu setelah Joker (Heath Ledger) ditangkap dan menunggu di penjara. Sementara  itu, Wali Kota Garcia (Nestor Carbonell) tiba untuk mempromosikan Jim Gordon (Gary Oldman) untuk menjadi Komisaris Polisimendengar kabar itu, Joker yang berada dalam tahanan mulai perlahan-lahan bertepuk tangan dan memunculkan suasana hening nan mencekam. Aksi itu tidak ada dalam naskah dan merupakan improvisasi Ledger.

Kalimat ”But why male models?' (Zoolander)

Ben Stiller yang memerankan Derek Zoolander mendengarkan penjelasan mantan model JP Prewitt (David Duchovny) yang mengatakan pemeran penjahat menggunakan model pria untuk pembunuhan politik. Zoolander bertanya, "But why male models?" dan Prewitt menjawab dengan panjang lebar.  

Namun, Zoolander menanyakan pertanyaan itu seklai lagi dan ditanggapi dengan respons "Are you serious? I just told you that a moment ago." 

Dia mengulangi pertanyaan yang sebelumnya tidak pernah ada dalam naskah. Namun, Stiller ternyata hanya lupa dialognya dan harus mengulang kalimat terakhir. Alih-alih memotong adegannya, Duchovny jsutru berimprovisasi.



Kucing (The Godfather)

Vito Corleone (Marlon Brando) memerintahkan pemukulan terhadap seorang pria sebagai pembalasan terhadap pemukulan anak perempuanya. Sifat dan karakter seorang pria berhati dingin itu sangat jelas diperlihatkan oleh Brando ketika dia mengelus kucing sambil memberikan perintah. 

Kucing itu tidak pernah ada dalam maskah. Tidak ada yang tahu persis dari mana kucing itu berasal. Beberpa kru mengatakan Brando membawanya sedangkan yang lain mengatakan kucing itu berkeliaran di lokasi shooting.

 

Kalimat ”I don’t care” (The Fugitive)



Terdapat adegan yang paling terkenal yaitu pertarungan antara Richard Kimble (Harrison Ford) dan US Marshal Samuel Gerard (Tommy Lee Jones). Dalam adegan tersebut, Kimble memohon kepada Gerard dengan mengatakan, "I didn't kill my wife," dan Gerard merespon dengan mengatakan, "I don't care." 

Respon yang menujukkan Gerard harus tetap melakukan penangkapan tidak peduli orang tersebut yang bersalah atau tidak. Sebenarnya kata-kata itu berasal dari baris iklan terkenal dan merupakan improvisasi Jones karena tidak ada dalam naskah.

Kalimat ”You ain't heard nothing yet” (The Jazz Singer) 



Dalam film "The Jazz Singer", banyak dialog yang dimasukkan ke dalam film yang sebenarnya merupakan improvisasi dari aktor Al Jolson dan Eugenie Besserer, termasuk kalimat legendaris dari Jolson, "Wait a minute, wait a minute. You ain't heard nothing yet."

Kalimat ”Warriors, come out and play” (The Warriors)



Tedapat kalimat yang paling terkenal dalam film ini yang ternyata hasil improvisasi David Patrick Kelly. Karakter yang diperankannya merayu geng Coaxes untuk keluar dengan mengatakan "Warriors, come out and play."



Clarence Boddicker meludahkan darah (Robocop)

Dalam Film arahan Paul Verhoeven ini, tokoh antagonis Clarence Boddicker (Kurtwood Smith) berdiri di depan seorang sersan lalu dia meludahkan darah di atas selembar surat dan berkata, "Just give me my f**king phone call."

Adegan itu tidak banyak dibicarakan dengan pemain lain dan kru karena ditakutkan mereka akan bereasksi merasa jijik. Tampak dalam film, sejumlah figuran terkejut dnegan apa yang dilakukan Boddicker.

Kalimat ”Here's Johnny” (The Shining)



Dalam film "The Shining", terdapat adegan paling menakutkan dan ikonik yang dipergakan Jack Nicholson (Jack Torrance) yaitu ketika dia mengahancurkan dinding pintu dengan kapak agar dia dapat menggapai istrinya, Wendy Torrance (Shelley Duvall), ketika wajahnya muncul dari lubang pintu tersebut, dia berseru dengan penuh amarah seperti orang gila dan mengatakan “Here’s Johnny.” 

Aksi Joker Sebelum Rumah sakit Meledak (The Dark Knight)



Dalam salah satu scene, Joker (Heath Ledger) akan meledakkan rumah sakit saat ia berjalan dengan tenang dan pergi naik bus untuk melarikan diri. Ada jeda dalam naskah saat tombol pemicu ditekan dan gedung mulai meledak. Selama jeda, Ledger berhenti berjalan dan melakukan improvisasi dengan melakukan sikap gelisah pada detonatornya dan menambahkan unsur humor ke dalam adegan. Sumber lain menyatakan, terdapat kesalahan teknis sehingga bom terlambat meledak. Alih-alih memotong akting, Legder justru berimpovisasi dengan cerdas.

Kenangan Roy Batty (Blade Runner)



Dalam film ”Blade Runner”, adegan sekarat Roy Batty (Rutger Hauer) diikuti kilasan kenangan tentang Deckard (Harrison Ford) yang telah menyelamatkanya saat jatuh dari gedung. Batty membayangkan kenangan menakjubkan itu  akan menghilang saat setelah dia meninggal. Dalam adegan itu, sebagain besar isi naskah diubah dan diimprovisasikan oleh Hauer sehingga menjadi salah momen fiksi ilmiah paling iconik.

Kalimat “I know” (Star Wars: Episode V-The Empire Strikes Back)



Ada adegan ketika Han Solo (Harrison Ford) akan dibekukan dalam carbonite. Lalu, Princess Leia (Carrie Fisher) mengungkapkan cintanya kepada Han Solo dengan mengatakan “I love you”. 

Jawaban Han Solo dalam naskah seharusnya “I love you too” tetapi dia malah berimprovisasi dan mengatakan “I know” yang terdengar lebih mengesankan. (Qisthi Rabtahi Solihat)***

Bagikan: