Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Cerah berawan, 19.8 ° C

Kini Lensa Kontak Bisa Tersambung ke Telefon Genggam

SEBENTAR lagi telefon genggam kita akan bertambah fungsinya. Selain untuk berkomunikasi virtual serta mendapat berbagai informasi melalui internet, telefon genggam akan menghubungkan dengan berbagai benda di sekitar kita seperti tas, sepatu, bel, termasuk lensa kotak. Benda yang disebut terakhir nantinya akan mengirim sinyal yang akan ditangkap oleh telefon genggam menjadi sebuah data yang mengirim berbagai informasi dari si pemakainya.

Pengembangan lensa kontak masa depan itu dikembangkan insinyur dari Washington of University. Mereka mengembangkan cara yang inovatif yang akan memungkinkan bantuan medis seperti lensa kontak ataupun implan otak untuk mengirim sinyal ke telefon genggam.

"Komunikasi Interscatter”, begitu mereka menyebut teknologi baru ini. Para insinyur menulis dalam sebuah makalah yang akan dipresentasikan pada 22 Agustus 2016 di Association for Computing Machinery Special Interest Group pada konferensi komunikasi data di Brasil bahwa penemuan ini bekerja dengan mengubah sinyal bluetooth menjadi sinyal wifi. Seperti dilansir dari situs livescience.com, untuk menunjukkan komunikasi interscatter, para insinyur itu merancang lensa kontak yang dilengkapi dengan antena kecil. Sedangkan sinyal bluetooth dalam hal ini berasal dari smartwatch (jam pintar). Antena di lensa kontak bisa memanipulasi sinyal bluetooth, kemudian data dari lensa kontak akan mengubahnya menjadi sinyal wifi yang dapat dibaca oleh perangkat lain.

Seperti yang disampaikan oleh Vamsi Talla di Departemen Ilmu Komputer dan Teknik di Washington of University, teknologi luar biasa ini akan menghasilkan wifi sendiri menggunakan transmisi bluetooth dari perangkat seluler terdekat seperti smartwatch.

Seperti yang dituturkan pula oleh Vikram Iyer, seorang mahasiswa doktor di bidang teknik listrik yang juga berasal dari Washington of University, konsep pintar ini akan sangat membantu dunia medis. Dengan lensa kontak yang menjadi komponen utama dalam inovasi ini, akan memungkinkan kita untuk mengetahui informasi medis melalui mata kita. Sebagai contoh, kita akan mengetahui kadar gula darah dalam tubuh kita melalui air mata sehingga akan dengan mudah ditangkap oleh lensa kontak yang kita pakai. Lensa itulah yang akan memberikan informasi kadar gula darah dalam tubuh kita.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari teknologi komunikasi interscatter ini. Karena selain dapat membaca kadar gula darah, para peneliti juga mengatakan bahwa benda ajaib ini dapat mengirinkan data dari implan otak ke telefon genggam kita, sehingga memungkinkan kita untuk membantu orang yang mengalami kelumpuhan otak agar kembali bergerak.

Hebatnya lagi, para Insinyur itu juga mengatakan bahwa alat ini juga dapat bertukar informasi antara kartu kredit bahkan mentransfer uang dengan hanya menahan kartu di dekat telefon genggam kita. (Erin Soleha)***
Bagikan: