Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Langit umumnya cerah, 26.2 ° C

Ini Bahaya Tidur Menggunakan Lensa Kontak

LENSA kontak sangat membantu bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan dan mengharuskan mereka menggunakan kaca mata. Selain itu, memakai lensa kontak juga bisa membuat seseorang terlihat fashionable.

Survei terbaru menunjukkan, setengah dari pengguna lensa kontak jarang mengikuti petunjuk penggunaan lensa kontak yang direkomendasikan spesialis mata. Hal ini bisa meningkatkan gangguan mata dan risiko lainnya bagi pengguna lensa kontak.

Ketika tidur, lensa kontak yang digunakan harus dilepaskan. Jika lensa tetap dipakai saat tidur, maka dampak yang dilansir dari laman Boldsky ini bisa menimpa Anda. Inilah beberapa resiko kesehatan ketika tidur menggunakan lensa kontak:

Mata Merah

Mata merah bisa menyebabkan iritasi pada mata. Tidur tanpa melepaskan lensa kontak bisa menjadi penyebab mata merah, sakit mata dan sensitivitas.

Ulkus Kornea

Risiko ulkus kornea akan meningkat saat tidur menggunakan lensa kontak . Hal ini terjadi karena lensa dapat menggores permukaan mata ketika tidur.

Mengurangi Suplai Oksigen

Lensa kontak dapat mengurangi pasokan oksigen ke mata ketika tidur. Seperti organ tubuh lainnya, mata juga membutuhkan oksigen yang cukup untuk bisa berfungsi dengan baik.

Iritasi

Iritasi mata akan terjadi ketika tidur menggunakan lensa kontak. Ketika mata terkena iritasi, hal ini dapat menyebabkan benjolan kecil di permukaan mata. Oleh karena itu, lensa kontak tidak cocok digunakan saat tidur.

Kebutaan

Tidur menggunakan lensa kontak juga bisa menyebabkan kebutaan. Ini adalah salah satu alasan berbahaya mengapa kita harus melepas lensa kontak sebelum tidur.

Peradangan

Jika Anda terbiasa tidur dengan menggunakan lensa kontak, maka kebiasaan Anda ini bisa menyebabkan peradangan di dalam mata. Jika neo-vaskularisasi terjadi di dalam kornea, Anda mungkin tidak bisa menggunakan lensa kontak lagi.

Infeksi

Tidur dengan lensa kontak juga bisa menyebabkan infeksi. Ketika permukaan lensa menyebabkan luka mikroskopis pada mata, bakteri bisa masuk dan menyebabkan infeksi. Hal ini bisa menyebabkan masalah pada mata jika terus terjadi dalam jangka panjang.(Siti Nurasiah/Netta Viani Dewi)***

Bagikan: