Pikiran Rakyat
USD Jual 14.598,00 Beli 14.500,00 | Hujan singkat, 21.1 ° C

Empat Bahan Alami Cegah Keriput

LEMON dan madu dipercaya sangat membantu sakit tenggorokan.*
LEMON dan madu dipercaya sangat membantu sakit tenggorokan.*
SUMBER daya alam yang melimpah telah menyediakan semua kebutuhan bagi kehidupan kita. Terutama dalam membantu Anda dalam menjaga kesehatan bahkan penampilan. Ketika sudah lanjut usia, biasanya kulit kehilangan zat kolagen yang merupakan protein yang menjaga kencangnya kulit, dan menciptakan permukaan yang halus.

Kini Anda tak perlu khawatir jika memiliki kulit wajah yang tidak kencang lagi, atau keriput. Seperti dikutip situs Medical Daily, bahan alami berikut dapat membantu dalam menjaga kekencangan kulit, agar
penampilan tetap terjaga meski umur sudah berlanjut.

1. Pisang
Selain rasanya yang enak dan sangat baik untuk dimakan, pisang juga dapat digunakan sebagai krim masker wajah. Caranya Anda dapat hancurkan satu pisang, lalu campurkan dengan satu sendok teh jus jeruk atau satu sendok teh yogurt murni. Biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu bisa langsung Anda gunakan.
Kandungan vitamin A di dalam masker tersebut akan membantu memudarkan bintik gelap dan noda, vitamin B dapat mencegah penuaan, dan kalium dapat melembabkan sel-sel kulit. Juga vitamin E yang dikenal sebagai "pelindung" karena kekuatan dalam memerangi kerusakan radikal bebas dan memperkuat ketahanan kulit terhadap kerusakan UV.

2. Jus Lemon dan Madu
Madu mengandung humektan, yang mempertahankan kelembaban di sel-sel kulit, sementara lemon meningkatkan produksi kolagen. Caranya Anda dapat membuat masker dengan jus lemon yang dicampur madu. Setelah itu oleskan pada wajah selama 10 menit kemudian bilas. Anda akan merasa lebih segar, harum pada wajah, dan manfaat utama tentu untuk mengencangkan kulit.

3. Yogurt Mentimun
Mentimun mengandung B1, B2, B3, B5, B6, asam folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan seng. Manfaat dari mentimun seperti mengencangkan, mencerahkan kulit, sekaligus melindungi dari kekeringan atau terkelupas.

Kandungan vitaminnya akan membantu menjaga tubuh dari peradangan, dan menetralisir radikal bebas yang diketahui menyebabkan penuaan dini. Anda dapat haluskan setengah mentimun yang dicampur dengan daun mint, dan setengah cangkir yogurt. Simpan pada lemari es, dan Anda sudah bisa menggunakan masker tersebut.

4. Putih Telur
Protein dalam putih telur berguna dalam perbaikan jaringan dan pertumbuhan. Kandungan kaliumnya dapat menjaga kelembaban kulit, zat fiboflavin berguna menghilangkan racun dan radikal bebas yang diketahui menyebabkan kulit keriput. Zat magnesium di dalamnya berguna untuk memperlambat proses penuaan dan membuat kulit bercahaya. Putih telur juga mengandung lisozim, yang mencerna dinding sel bakteri penyebab jerawat.

Caranya, campurkan satu putih telur dengan satu sendok teh jus lemon segar dan setengah sendok teh madu, untuk mendapatkan antiseptik dan antibakteri. Madu dan zat astringent dalam jus lemon berguna untuk melawan bakteri. Permilik kulit berminyak akan mendapat manfaat yang besar dari bahan yang kuat dalam putih telur. Hal tersebut dapat membantu mengencangkan dan mengecilkan pori-pori kulit dengan mengurangi kelebihan sebum, yang dikenal sebagai sekresi minyak dari pori-pori Anda.(Adinda Alsya Denissa/Ryanmustami Nugroho)***
Bagikan: