Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 31.1 ° C

Tujuh Makanan Ini Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

LEBARAN identik dengan makanan khas seperti opor ayam, bistik daging, dan berbagai macam kue nan nikmat. Namun, kenikmatan yang ditawarkan sebanding dengan risiko kolesterol dan tekanan darah tinggi yang bisa mengganggu kebersamaan anda dan keluarga.

Ada beberapa menu makanan sehat yang dapat dijadikan menu pendamping maupun utama ketika berlebaran. Inilah tujuh menu makanan sehat menurut Universitas Harvard yang mampu menurunkan kolesterol dan darah tinggi seperti dikutip dari www.health.com:

Oats atau gandum

Mengonsumsi gandum dapat mengendalikan kolesterol. Gandum dapat dinikmati sebagai pengganti nasi atau ketupat, maupun sebagai kudapan yang dimakan bersama stroberi dan buah pisang sebagai pelengkap.

Kacang-kacangan

Kacang mengandung banyak serat alami dan memerlukan waktu cukup lama untuk dicerna tubuh sehingga memberi rasa kenyang lebih lama. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan makan kacang almond, walnut, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk kesehatan jantung.

Terong

Sayuran yang satu ini sangat mudah ditemui di pasar. Terong merupakan sayuran yang rendah kalori dan kaya akan serat.

Minyak nabati

Menggunakan minyak nabati cair seperti canola, bunga matahari, safflower, dan lain-lain untuk mengganti penggunaan margarin atau minyak kelapa sawit, atau memperpendek waktu memasak akan membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Buah-buahan

Mengonsumsi apel, anggur, stroberi, dan buah jeruk. Buah-buahan ini kaya akan pektin yang bermanfaat menurunkan kolesterol.

Kedelai 

Makan kedelai dan makanan berbahan kedelai, seperti tahu dan susu kedelai, pernah disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan, mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari (10 ons tahu atau 2,5 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan kolesterol sebesar 5-6 persen. 

Konsumsi ikan

Ikan nampaknya memang bukan menu utama ketika Lebaran, namun Anda dapat menyajikan ikan sebagai menu pendamping untuk hari raya. Konsumsi ikan yang kaya omega-3 dapat membantu mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya jantung berdebar dengan tidak normal. (Riko Pratama)***

Bagikan: