Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 23 ° C

WHO: Minuman Sangat Panas Berpotensi Sebabkan Kanker

BAGI Anda yang menyukai minuman panas, sebaiknya kini Anda harus lebih berhati-hati. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menilai bahwa minuman panas apapun dapat meyebabkan kanker kerongkongan.

Dikutip dari Health.com, dalam laporan yang diterbitkan The Lancet Oncology, badan international untuk penelitian kanker di bawah WHO (IARC) mengatakan, kelompok kerja yang terdiri dari 23 ilmuwan mengklasifikasikan minuman sangat panas berada di atas 65⁰C (147⁰F) yang digunakan sebagai minuman yang bisa bersifat Karsinogenik bagi manusia. Secangkir kopi atau teh biasanya disajikan antara 160 sampai 185⁰F.

Kesimpulan para peneliti berdasarkan penelitian yang dilakukan di negara-negara lain seperti Cina, Turki, dan Amerika Selatan yang menyebut sudah menjadi tradisi teh atau mate disajikan panas. Hasil penelitian itu menunjukan, risiko terkena kanker esophagus meningkat seiring dengan suhu minuman saat diminum.

Kanker Esophagus merupakan kanker kedelapan yang umum terjadi di seluruh dunia. Lima persen dari penderita kanker meninggal dunia karena kaner ini. Sekitar 15.000 orang Amerika didiagnosis terjangkit penyakit ini setiap tahun.

IARC juga mengutip penelitian yang dilakukan pada hewan. Hasilnya, air yang suhunya lebih dari 65⁰C dapat memicu pertumbuhan tumor.

“Merokok dan minum minuman beralkohol adalah penyebab utama kanker esophagus, terutama di negara-negara berpenghasilan tinggi. Tapi sebagian besar kasusnya terjadi di sebagian Asia, Amerika Selatan, dan Afrika Timur dimana minuman panas sudah umum dijumpai dan dikonsumsi," kata Direktur IARC, Christopher Liar.

Juru Bicara WHO di Jenewa, Gergory Hartl kepada Reuters mengatakan, klasifikasi ini masih berdasarkan bukti yang terbatas sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut. Sementara itu, WHO menyarankan kepada semua orang untuk menghindari meniup apapun yang panas. “Sabarlah, biarkan minumanmu dingin,” katanya. (Ryan Mustami Nugroho)***
Bagikan: