Pikiran Rakyat
USD Jual 14.616,00 Beli 14.316,00 | Badai petir, 26.4 ° C

Produk Baru Xiaomi: Sepeda Lipat!

Deni Yudiawan

TEKNOLOGI asal negeri tirai bambu seolah tak bisa dibendung. Xiaomi kini tak hanya di bidang telekomunikasi dan gawai, namun juga merambah bidang peralatan lain seperti kendaraan listrik. Perusahaan yang tengah naik daun itu baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan segera meluncurkan kendaraan pintar perdananya berupa sepeda lipat listrik yang dibanderol seharga 450 dolar AS atau sekitar Rp 6 juta.

Seperti dilansir dari Techcrunch, sepeda lipat yang diberi nama Mi QiCYCLE ini, sesuai dengan namanya, merupakan jenis sepeda lipat yang kompak. Sepeda itu dibekali dengan motor listrik berkekuatan 250 watt, 36 Volt, dan batere lithium-ion keluaran Panasonic atau sama dengan jenis baterai di Tesla yang bekerja sama dengan sistem manajemen baterai Xiaomi itu sendiri. Pihak Xiaomi mengatakan, sepeda listrik lipat Mi QiCYCLE ini dapat dipacu hingga sejauh 45 kilometer.

Seperti produk lainnya yang dirilis Xiaomi, identitas "pintar" disematkan pada sepeda lipat ini. Dikatakan pintar karena sepeda ini dilengkapi aplikasi pendamping yang berfungsi menampilkan informasi tentang perjalanan yang dilakukan, meliputi kecepatan, jarak, kalori yang terbakar, data GPS, hingga status sepeda. Semuanya terintegrasi dengan telefon genggam Xiaomi itu sendiri.

Namun, lebih dari itu, Xiaomi mengatakan perusahaan memiliki sistem IDbike Torsi, yakni metode pengukuran yang menggunakan sensor untuk mengoptimalkan informasi saat mengayuh. Fungsi itu akan membuat si pengendara tahu persis berapa kecepatan yang diperlukan saat mengayuh. (Tito Rohmatulloh)***

 

Bagikan: