Pikiran Rakyat
USD Jual 14.095,00 Beli 14.193,00 | Cerah berawan, 29.9 ° C

Resep Sambal Roa Ala Legoh

Endah Asih Lestari

ROA adalah sejenis ikan yang banyak ditemui di perairan Sulawesi Utara. Dalam peta kuliner Manado, ikan itu terlebih dahulu diasap sebelum diolah menjadi sambal. Hasilnya, seporsi sambal roa yang pedas dan gurih.

Tak heran, banyak orang yang merasa belum lengkap menyambangi Manado sebelum merasakan sedapnya sambal roa. Di Bandung, rasa itu juga bisa didapatkan ketika menyambangi Rumah Makan Legoh, yang terletak di Jalan Sultan Agung.

Sambal roa disajikan dengan dua cara. Pertama, disajikan dalam bentuk sambal original, dimakan bersama lauk pauk yang lain. Di tempat asalnya, sambal roa bisa disantap bersama ubi, singkong, atau pisang goreng. Bahkan, sebenarnya, dimakan bersama sepiring nasi putih hangat pun, rasanya sudah membuat hati bahagia. Seporsi sambal roa dihargai Rp 11.000.

Sambal roa ala Legoh bisa dida­patkan lewat menu nasi goreng roa. Cara pengolahannya hampir sama, karena bahan dasar nasi goreng roa adalah sambal goreng, yang ditumis bersama nasi dan dibubuhi telur ceplok.

Pengasapan membuat ikan roa memiliki tekstur yang kering. Rasa dan aroma yang dihasilkan sangat khas. Selain disebut sambal roa, banyak juga yang menyebut varian sambal ini sebagai rica roa.

”Ikan roa asap yang digunakan didatangkan langsung dari Manado karena adanya cuma di Manado dan Ambon,” ucap Leon Ray Legoh, pemilik RM Legoh.

Sebelum diasap, ikan roa dibersihkan dan kulitnya dibuka. Setelah diasap, ditumbuk sampai halus. Baru setelah itu, dibuat menjadi sambal. Hasil akhir sambal roa a la Legoh berwarna cokelat.

Menurut Leon, ada dua jenis sambal roa yang biasanya ditemui, yaitu sambal matang dan mentah. Di Legoh, sambal roa dipilih melalui proses pemasakan alias matang. Meski demikian, rasanya tetap segar, tanpa menghilangkan aroma asap yang kental.

Ada juga cakalang fufu (asap) yang ditawarkan RM Legoh. Hanya, ketersediaannya tak bisa dipastikan. ”Tergantung pengiriman saja. Kalau sedang ada, pasti ditawarkan ke pengunjung,” ujar Leon, yang juga merupakan penggebuk drum Koil ini.

Jika sedang tersedia, cakalang yang telah diasap diolah dengan cara dikukus dan disajikan bersama sambal dhabu-dhabu, atau dimasak rica menggunakan santan.

 

Untuk membuat sambal roa ala Legoh, ini bahan-bahan yang dibutuhkan:

- Ikan roa yang telah diasap

- 2 siung bawang merah

- 6 buah cabai rawit oranye

- 1 buah cabai merah

- 1,5 butir tomat

- garam secukupnya

Cara membuat:

- Tumbuk ikan roa yang telah diasap, sisihkan

- Ulek bawang merah, cabai rawit oranye, cabai merah, tomat, dan garam

- Tumis sambal yang telah diulek dengan minyak secukupnya

- Setelah sambal matang, masukkan ikan roa yang telah ditumbuk, lalu diaduk-aduk sekitar 30 detik.

Selamat mencoba!***

Bagikan: