Pikiran Rakyat
USD Jual 14.325,00 Beli 14.025,00 | Umumnya berawan, 28 ° C

Raef Berkeliling 30 Masjid Dalam Program The Journey of A Backpacker

Munady
JAKARTA, (PR).- Selama bulan Ramadan 2016, stasiun televisi swasta Trans 7 akan tayangkan progam 'The Journey of A Backpacker'. Acara itu berupa kegiatan penyanyi religi asal Maryland, Amerika Serikat berdarah Mesir, Raef yang menyambangi 30 masjid.

Program 'The Journey of A Backpacker' akan mengupas sejarah sejumlah masjid. Setiap masjid punya cerita masing-masing. Ada masjid yang terkait dengan penyebaran Islam di tanah Jawa. Ada juga masjid tempa menggelorakan perjuangan bangsa Indonesia.

“Im so hapy to have you all here. Ini happy moment, incredible and exhausting in one time. You can imagine saya berkunjung ke 30 negara hanya dalam waktu 20 hari sekaligus. Must be tired but so worth it. Saya dapat pelajaran setelah berkeliling Pulau Jawa,” ungkap Raef dalam jumpa persnya bersama DNA Production dan BRI di CVG Blitz, Pacific Place, kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu 1 Juni 2016.

“Ini adalah Journey of backpacker. Season kedua. Kalau yang pertama itu lebih inspiratif. Kayak kisah mas Mono yang tukang ayam itu. Nah kalau yang ini lebih ke masjid. Saya dapat buku dari kakak Sandiaga Uno. Isinya masjid bagus-bagus. Saya bilang ke mas Yuyun kenapa nggak kita bikin soal masjid. Karena masjid bukan cuma arsitektur tapi historinya bagaimana membina lingkungan sangat inspiratif. Jadilah 30 episode 30 masjid dan Raef melintasi 2.800km,” ujar Rina dari DNA Production.

"Masjid yang disinggahi seperti masjid yang ada di Kudus, Jawa Tengah dibangun 600 tahun lalu sebelahnya tample Kudus. Sunan Kudus bangunnya nggak maksa. Sunan minta orang situ nggak makan daging untuk hormati orang Hindu,” tutur Rina.

"Terus ada masjid di Cirebon, Jawa Barat. Sunan Giri mau kita masuk harus merendahkan diri dulu sebelum masuk masjid. Jadi masuk ke masjidnya mesti nunduk-nunduk. Karena Masjid bukan hanya tempat beribadah tapi juga jadi pusat peradaban. Nah Raef juga banyak belajar hal-hal dari sejarah masjid yang ada di tanah air dan luar negeri. Bahkan Raef sempat main debus,” tambah Rina.***
Bagikan: