Perhatikan Bentuk Tinja Anda, Ada Petunjuk Jika Mirip Huruf S

- 22 November 2020, 13:50 WIB
Ilustrasi toilet. /Pixabay/Thomas Malyska

PIKIRAN RAKYAT - Ketika buang air besar (BAB), cobalah sesekali melihat bentuk feses karena bentuknya bisa memberi petunjuk tentang kesehatan usus.

Ahli gastroenterologi di Beth Israel Deaconess Medical Center, Boston, Amerika Serikat, Jacqueline Wolf mengatakan bahwa setidaknya ada 7 tipe feses mulai dari gumpalan keras hingga cair yang jadi tanda seseorang mengalami diare parah.

Menurut dia, seperti dilaporkan Livestrong, feses yakni berbentuk seperti sosis dengan retak di permukaan atau benar-benar seperti sosis atau ular yang halus seringkali dianggap bentuk yang normal. Saat mengeluarkannya, seseorang cenderung tak perlu mengeluarkan tenaga.

"Beberapa orang berpendapat, feses yang ideal berbentuk seperti huruf S. Jika milik Anda tidak terlihat seperti ini, jangan stres. Saya tidak tahu mengapa feses akan berbentuk seperti S," kata Wolf.

Baca Juga: Sebut Fenomena Habib Rizieq Bak Goncang Indonesia, Jusuf Kalla: Ada Kekosongan Pemimpin

Sebenarnya tidak ada bentuk feses sempurna tetapi ada beberapa yang disebut tak sehat yakni yang menggumpal seperti kotoran kambing, kerikil, atau malah kental. Feses dengan bentuk itu biasanya menunjukkan seseorang mengalami sembelit.

Jika mengalami konstipasi, tindakan pertama adalah makan makanan yang kaya serat seperti alpukat, sereal gandum, atau mengonsumsi suplemen serat.

Ingatlah untuk minum air bersama dengan serat ekstra yang Anda konsumsi.

Jika cara itu belum berhasil, bisa mencoba pelunak feses untuk membantu membuatnya lebih mudah dikeluarkan. Namun hal ini bukan solusi jangka panjang untuk sembelit.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X