Survei: Mayoritas Orang Indonesia Bersedia Terima Vaksin Covid-19, Provinsi Papua Tertinggi

- 19 November 2020, 18:09 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kiri) dan Wali Kota Bogor Bima Arya (tengah) usai meninjau simulasi pemberian vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu 18 November 2020. /ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

PIKIRAN RAKYAT -  Kementerian Kesehatan bersama Indonesian Technical Advisory Group on  Immunization (ITAGI) dengan dukungan UNICEF dan WHO melakukan survei nasional tentang penerimaan vaksin Covid-19.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Pikiran-rakyat.com, survei itu berlangsung pada 19-30 September 2020 dengan tujuan untuk memahami pandangan, persepsi, serta  perhatian masyarakat tentang vaksinasi Covid-19.  

Pada pelaksanaan, survei tersebut mengumpulkan tanggapan lebih dari 115.000 orang, dari 34 provinsi yang  mencakup 508 kabupaten/kota atau 99 persen dari seluruh kabupaten/kota.

Baca Juga: Sidak Puskesmas Simulasi Vaksinasi Covid-19, Jokowi: Semua Vaksin Harus Masuk Daftar WHO

Selengkapnya cek YouTube Pikiran Rakyat


 
Hasil survei menunjukkan bahwa tiga perempat responden menyatakan telah mendengar tentang vaksin Covid-19, dan dua pertiga responden menyatakan bersedia menerima vaksin Covid-19.

Namun demikian, tingkat  penerimaan berbeda-beda di setiap provinsi, hal ini dilatarbelakangi oleh status ekonomi, keyakinan agama, status pendidikan serta wilayah.  

Pada kelompok masyarakat dengan informasi yang lebih banyak seputar vaksin misalnya, mereka cenderung  akan menerima pemberian vaksin Covid-19.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X