Apa Beda Vaksinasi dan Imunisasi? Ini Penjelasan Guru Besar UI

- 31 Oktober 2020, 12:58 WIB
Prof. Dr. Sri Rezeki S. Hadinegoro (bawah) dalam sosialisasi ‘Vaksinasi untuk Negeri’ yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Sabtu, 31 Oktober 2020. /Pikiran-Rakyat.com/Julkifli Sinuhaji

PIKIRAN RAKYAT - Istilah imunisasi dan vaksinasi seringkali dianggap sama dan dipakai secara bergantian.

Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Sri Rezeki S. Hadinegoro selaku Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), menjelaskan ada perbedaan antara imunisasi dan vaksinasi.

Prof. Sri mengatakan satu hal yang perlu diingat dari vaksin adalah zat biologis sehingga perlakuannya juga harus hati-hati, suhunya harus tertentu, penyimpanannya harus baik, tidak boleh sembarangan distribusi dan teratur.

Baca Juga: Jelang Menikahi Nathalie Holscher, Sule Diam-diam Sudah Siapkan Warisan untuk Anak-anaknya

Cek Youtube Pikiran Rakyat

Perbedaan vaksinasi dan imunisasi

Vaksin adalah sediaan yang mengandung zat biologik sebagai antigen spesifik dari virus dan spesifik. Sementara vaksinasi adalah tindakan memberikan atau memasukkan vaksin ke tubuh untuk merangsang sistem imun.

"Perkataan vaksinasi dan imunisasi ini seringkali dipakai bersama-sama walaupun, walaupun sebetulnya ada sedikit perbedaan," katanya Prof. Sri Rezeki.

Halaman:

Editor: Agil Hari Santoso


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X