Daftar Makanan yang Baik untuk Lansia saat Pandemi Covid-19, di Antaranya Tempe, Susu hingga Daging

- 23 Oktober 2020, 14:42 WIB
Ilustrasi Daging. /Pixabay/Shutterbug75

PIKIRAN RAKYAT - Lansia atau orang usia lanjut adalah kelompok yang rentan terserang berbagai penyakit, tak terkecuali Covid-19.

Seiring dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh, lansia juga termasuk kelompok rentan terserang penyakit-penyakit menular seperti infeksi saluran pernafasan, diare, dan pneumonia.

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Padk.kemkes.go.id, data tahun 2018 menunjukkan penyakit yang terbanyak pada lansia adalah penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, kencing manis, stroke, rematik dan cedera.

Baca Juga: Minta Industri Turunan Batu Bara Dikembangkan, Jokowi: Bisa Kurangi Impor dan Buka Lapangan Kerja

Dr. Raissa Edwina Djuanda, seorang dokter spesialis gizi klinik di RS Metropolitan Medical Center, mengatakan nutrisi yang baik sangat penting untuk kesehatan dan perlu agar menambah sistem imun tubuh serta mengacu pada gizi seimbang.

"Gizi seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari, yang mengandung berbagai gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral," kata dr Raissa, dikutip Pikiran-rakyat.com dari YouTube Covid19 Gugus Tugas.

Dia menambahkan diperlukan juga keanekaragaman pangan atau makanan yang bervariasi setiap hari untuk memenuhi berbagai gizi.

Baca Juga: MotoGP Teruel 2020: Masa Isolasi Covid-19, Valentino Rossi Malah Saling Sindir dengan Jorge Lorenzo

"Jadi setiap kali makan, pastikan setengah dari piring Anda berisi sayur dan buah-buahan, sementara sisa setengah piringnya lagi dapat Anda isi dengan karbohidrat dan lauk pauk," saran dr.Raissa.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X