Agar Masker Kain Efektif Cegah Covid-19, Simak Standarnya Menurut dr Alfi Auliya Rachman

- 21 Oktober 2020, 19:53 WIB
Melanie Putria, dr Alfi Auliya Rachman, dan Evy Christina.
Melanie Putria, dr Alfi Auliya Rachman, dan Evy Christina. /DOK. Image Dynamics

PIKIRAN RAKYAT - Penggunaan masker merupakan bagian dari upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran penyakit saluran pernapasan, termasuk salah satunya Covid-19.

Di pedoman Badan Kesehatan Dunia (WHO), disarankan penggunaan masker baik bagi mereka yang sehat, maupun yang sakit.

Di Indonesia, upaya pemerintah dalam menjaga kualitas masker kain untuk melindungi masyarakat secara optimal, dilakukan melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang merumuskan SNI 8914:2020 Tekstil - Masker dari Kain. 

Baca Juga: 10 Tugas KUA yang Perlu Kamu Ketahui, Bukan Hanya Pencatat Nikah!

Dalam SNI ini, terdapat 12 parameter yang diuji, di antaranya adalah nilai BFE (bacterial filtration efficiency) atau efisiensi filtrasi bakteri minimal sebesar 60% dan efisiensi filtrasi partikel yang juga dengan nilai minimum 60%.

Mitra dokter Halodoc dr Alfi Auliya Rachman mengungkapkan, terdapat beberapa pedoman yang perlu diperhatikan masyarakat dalam memilih masker kain.

Hal ini berdasarkan pedoman WHO. 

 Baca Juga: Kirimi 9 Fraksi Surat, KSPI Minta DPR Lakukan Legislative Review Omnibus Law Cipta Kerja

Alfi menyebutkan, setidaknya, masker kain harus memiliki struktur tiga lapis dan nilai efisiensi filtrasi bakteri maupun efisiensi filtrasi partikel minimum sebesar 60%.

Selain pemilihan masker kain yang sesuai standar, hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah cara penggunaan masker yang tepat sehingga fungsi masker sebagai sarana pencegahan penularan Covid-19 menjadi optimal.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X