Sempat Dikunjungi Peneliti Luar Negeri, Sumber Air Panas Ini Jadi Wisata Unik di Selatan Tasikmalaya

- 29 Agustus 2020, 08:20 WIB
Ilustrasi pemandian air panas. /Pexels/Life of Wu

PIKIRAN RAKYAT - Kawasan selatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, tak hanya identik dengan pesisir Cipatujah saja. Beberapa destinasi wisata lain bisa menjadi opsi pengunjung berlibur di sana.

Jika berada di kawasan pantai di Cipatujah, sebaiknya pengunjung mencoba juga obyek wisata pemandian air panas, Cipanas yang tak jauh dari tepi pantai.

Letaknya di Kampung/Desa Cipanas, Kecamatan Cipatujah. Dari tepi Jalan Ciheras, jarak menuju Cipanas sekitar tiga kilometer. Sedangkan dari garis pantai jaraknya 4 kilometer.

Baca Juga: 3 Pesan Jerinx SID dari Balik Jeruji Besi, Siap Jadi Relawan hingga Bersikeras Punya Hak untuk Bebas

Aliran mata air panas itu ditampung pada bak-bak di tiga bangunan untuk pemandian yang berdiri di lahan Mustopa. Warga Kampung Cipanas itu menuturkan, keberadaan mata air tersebut telah ada sebelum perkampungan muncul.

Menurut dia, ada tiga titik sumber air panas di lokasi itu. "Kapungkur mah sapertos cai nyusu (dulu seperti air yang keluar tanah)," ucap Mustofa, beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan, sumber air berasal langsung dari bawah tanah. Soalnya, aliran air atau sungai yang berada di kawasan bagian atas pemandian justru dingin.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Tubuh Saya Sekarang Resmi Mengandung Virus Covid-19 yang Sudah Dilemahkan

Bahkan, balong-balong warga yang berada di sekitar mata air pun tak ikut panas. Aliran air panas tak ikut merembes ke balong-balong.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X