Sakit Perut pada saat Bangun Tidur? Simak 5 Hal yang Harus Dilakukan

- 9 Agustus 2020, 11:30 WIB
Ilustrasi sakit perut. /Pexel/Polina Zimmerman

PIKIRAN RAKYAT - Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat memicu sakit perut, terlebih ketika kita memakannya sebelum tidur. 

Nyeri di daerah perut bagian bawah bisa menjadi tanda sindrom iritasi usus besar, kata Steven Fleisher, MD, kepala gastroenterologi dan direktur endoskopi intervensi di Pusat Penyakit Pencernaan di MedStar Franklin Square Medical Pusat di Baltimore, MD.

Bangun dengan sakit perut di pagi hari mungkin merupakan sistem pencernaan Anda yang mencoba untuk memulai setelah tidur malam.

Baca Juga: Ribuan Warga Sukabumi Terpedaya Investasi Bodong Menembus Rp22 Miliar

Dikutip Pikiran-Rakyat.com melalui The Healthy, simak 5 hal yang harus dilakukan jika sakit perut pada saat bangun tidur.

1. Hindari Meminum Kopi

Jika refluks asam menyebabkan beberapa masalah perut seperti sakit perut di pagi hari, pertimbangkan untuk menguranginya atau, lebih baik lagi, berhenti.

Baca Juga: Hingga 9 Agustus 2020, 7.714 Orang Sembuh dari Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Jakarta

Kafein adalah minuman keras ganda pada orang dengan masalah pencernaan, kata Dr. Fleisher. Hal ini dapat mengendurkan tekanan pada katup antara kerongkongan dan perut, sehingga lebih mudah bagi asam lambung untuk meningkat.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: The Healthy


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X