Indonesia Kaya Herbal, Bisa Bantu Cegah Covid-19

- 6 Agustus 2020, 11:05 WIB
ILUSTRASI ramuan herbal.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Berbagai upaya keras untuk mengerem laju pertambahan pasien positif Covid-19 terus dilakukan. Satgas Penanggulangan Covid-19 mengungkapkan, jumlah orang yang dinyatakan positif Covid-19 hingga Rabu 5 Agustus 2020 menjadi 116.871 kasus setelah terjadi penambahan kasus positif sebanyak 1.815  orang.

Salah satu cara untuk mencegah terpapar Covid-19 adalah dengan terus meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu tentu tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak (social distancing), mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer sesering mungkin.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania, M.Si mengatakan,  melihat situasi di masa adaptasi kebiasaan baru saat ini, masyarakat diimbau untuk dapat menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi imunomodulator yang seimbang baik dari fungsinya sebagai imunostimulan maupun imunosupresan. 

Baca Juga: Alexis Sanchez akan Dipermanenkan Inter Milan, Solskjaer Bereaksi

"Imunostimulan adalah substansi yang menstimulasi sistem imun dengan meningkatkan aktivitas komponen sistem imun untuk melawan infeksi dan penyakit. Sedangkan Imunosupresan merupakan substansi yang dapat menekan respon imun berlebihan," saat webinar peluncuran Fatigon Promuno

Indonesia, kata Inggrid, memiliki beragam bahan herbal yang dapat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh secara optimal sebagai produk imunomodulator yang seimbang.

Imunomodulator bisa dihasilkan dari kombinasi empat herbal Indonesia seperti jahe merah, meniran, sambiloto dan daun sembung. Keempat herbal ini  bekerja optimal untuk menjaga daya tahan tubuh sebagai imunomodulator, antivirus dan anti radang apabila diformulasikan dengan dosis yang ideal. 

Baca Juga: Geger Mayat Anak Berseragam SD Tergeletak di Trotoar, Mulut Berbusa, Ditemukan Bungkusan Miras

Dijelaskan, imunomodulator merupakan semua obat yang dapat memodifikasi respon imun, menstimulasi mekanisme pertahanan alamiah dan adaptif, dan dapat berfungsi baik sebagai imunostimulan maupun imunosupresan. 

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X