Batuk Tanpa Masker, Penderita Covid-19 Bisa Lontarkan Virus Corona Lebih dari 3,5 Meter

- 3 Juli 2020, 18:55 WIB
Penderita Covid-19 Bisa Lontarkan Virus Corona Lebih dari 3,5 Meter. /Pexels/Gustovo Fring

PIKIRAN RAKYAT - Penggunaan masker untuk masa pandemi seperti ini memang sangat penting terlebih jika akan keluar rumah.

Masker memang cara terbaik untuk menghentikan Covid-19 menular melalui pernapasan.

Para peneliti menganalisis mana yang merupakan masker wajah terbaik dan terburuk untuk meminimalkan penyebaran air liur dari batuk atau bersin untuk mengurangi penularan virus.

Baca Juga: Sederet Perlakuan Istimewa Bagi Warga Jawa Barat Jika ke Pangandaran, Diskon hingga Bebas Rapid Test

Pengujian menunjukkan bahwa varietas yang paling tidak efektif adalah masker yang dilipat secara longgar dan penutup seperti bandana yang memberikan kemampuan meminimalkan air liur tersebar didalam masker.

loading...

Studi tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal Physics of Fluids, juga menemukan bahwa batuk berpotensi menyebarkan droplets yang kemungkinan berisi virus corona hingga 12 kaki, sekitar 3,6 meter, jika tidak terhalang akan lebih jauh dari jarak sosial satu meter, dikutip Pikiran-Rakyat.com melalui Mirror.

"Para peneliti kami telah menunjukkan bagaimana masker mampu secara signifikan mengurangi kecepatan dan jangkauan tetesan air liur dari bersin," kata Dr Stella Batalama, seorang peneliti dari Florida Atlantic University (FAU) di AS

Baca Juga: Mengintip Sisi Terbaik Pria Berdasarkan Zodiak, Cancer Sosok yang Peduli tapi Emosional

"Selain itu, mereka telah menemukan bagaimana batuk yang ditiru dapat melakukan perjalanan lebih jauh dari pedoman jarak yang saat ini direkomendasikan," lanjutnya

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Mirror


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X