Sebuah Studi Meneliti Pengaruh Pemanis Buatan untuk Penyakit Kardiovaskular, Simak Hasilnya

- 2 Oktober 2022, 18:39 WIB
Ilustrasi pemanis buatan.
Ilustrasi pemanis buatan. /Pixabay/Myriams-Fotos

PIKIRAN RAKYAT - Penelitian mengenai produk pemanis, maupun alami dan buatan serta efeknya seolah tak ada habisnya.

Sebuah penelitian besar-besaran yang melibatkan warga Prancis yang berlangsung lebih dari satu dekade mengevaluasi penggunaan pemanis buatan mereka.

Dalam studi tersebut, peserta yang diteliti diminta untuk melaporkan kondisi kesehatan mereka secara berkala, dan memeriksa asupan makanan serta minuman mereka.

Pada akhir penelitian, para peneliti mengetahui bahwa peserta yang mengonsumsi pemanis buatan tingkat tinggi mengalami penyakit kardiovaskular pada tingkat yang lebih tinggi daripada peserta yang tidak mengonsumsi pemanis buatan.

Baca Juga: Bongkar Identitas Selingkuhan Rizky Billar, Kim Hawt: Dia Bukan Mantannya, Tapi Dulu Pernah...

Sementara pemanis buatan mungkin dirasa bisa jadi alternatif yang baik untuk gula untuk mengurangi asupan kalori, namun hal itu salah besar.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di The BMJ Trusted Source menunjukkan mungkin ada hubungan antara pemanis tersebut dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular (CVD), termasuk stroke.

Penelitian yang dilakukan oleh Institut Nasional Perancis untuk Kesehatan dan Penelitian Medis, bukanlah studi pertama yang menunjukkan hubungan antara pemanis buatan dan peningkatan risiko penyakit jantung.

Namun, ini adalah yang terbesar hingga saat ini. Studi ini mencakup data dari lebih dari 100.000 peserta.

Halaman:

Editor: Nopsi Marga

Sumber: Medical News Today

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x